ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA
Fase
B
Kelas
4 SD
Pada akhir fase
Peserta didik
memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar, sesuai dengan
tujuan, kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang hal-hal menarik di lingkungan
sekitarnya. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami dan
menyampaikan gagasan dari teks informatif, serta mampu mengungkapkan gagasan
dalam kerja kelompok dan diskusi, serta memaparkan pendapatnya secara lisan dan
tertulis. Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui
berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam. Peserta
didik mampu membaca dengan fasih dan lancar.
ELEMEN |
CAPAIAN
PEMBELAJARAN |
BAB/UNIT DALAM
BUKU GURU |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
ALOKASI WAKTU |
Menyimak
Membaca dan Memirsa
Berbicara dan Mempresentasikan
Menulis
|
Peserta
didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari
media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang
berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan
memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.mampu memaknai kosakata baru
dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
Peserta didik mampu memahami
pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi
anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca
kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan
fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks
informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh
cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks
yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
Peserta didik mampu berbicara
dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume
dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mengajukan dan
menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan
dan diskusi dengan aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam
suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya. Peserta didik
mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari
teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks
narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan
rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik
yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.
|
Bab 1 : Sudah
Besar |
4.1 Memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi
tokoh cerita
4.2 Mengucapkan kata – kata yang Panjang
4.3 Membedakan antara kalimat transitif dan kalimat intransitive
4.4 Mencari arti kata di dalam kamus dan membuat proyek
kamus kelas 4
|
Bernalar
Kritis
Mandiri
Mandiri Berpikir
kritis
Bergotong
royong
|
6 X 35 JP |
Menyimak
Membaca dan Memirsa
Berbicara
dan mempresentasikan
|
Peserta
didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari
media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang
berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan
memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.mampu memaknai kosakata baru
dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
Peserta
didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks
narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik
mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah
dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide
pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang
dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai
kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan
topik.
Peserta
didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun,
menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik
mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam
suatu percakapan dan diskusi dengan aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan
gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau
didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
|
Bab 2 : Di Bawah Atap |
4.5 Memahami Isi teks yang dibacakan
4.6 Mengenali dan menggunakan awalan ‘me-‘ sesuai kaidah
bahasa Indonesia
4.7 Menyampaikan pendapat dengan kalimat yang jelas 4.8 Mencari informasi dan mempresentasikan |
Bernalar
kristis Mandiri
Bernalar
kristis Mandiri
Mandiri
|
6 x 35 JP |
Membaca dan memirsa
Berbicara dan Mempresentasikan
Menulis |
Peserta
didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari
media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang
berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan
memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.mampu memaknai
kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan
topik.
Peserta
didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks
narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik
mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah
dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide
pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang
dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai
kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan
topik.
Peserta
didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun,
menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik
mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam
suatu percakapan dan diskusi dengan aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan
gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau
didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
|
Bab 3 : Lihat Sekitar |
4.9
Mengenal
pemakaian awalan ‘ber-‘ serta menggunakannya
4.10
Menyampaikan
petunjuk
4.11
Menuliskan
teks dengan struktur argumentasi 4.12
Menulis
teks dengan struktur deskripsi |
Mandiri Bernalar
kritis
Berkebinekaan
global Bergotong
royong
Mandiri
|
6 x 35 JP |
Menyimak
Membaca dan Memirsa
Berbicara dan Mempresentasikan
Menulis |
Peserta
didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari
media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan
instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik
mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
Peserta
didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks
narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik
mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah
dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide
pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang
dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai
kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan
topik.
Peserta
didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun,
menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik
mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam
suatu percakapan dan diskusi dengan aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan
gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau
didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta
didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur,
dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang
rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis
tegak bersambung.
|
Bab 4 : Meniuk dan Menerjang |
4.13
Mengidentifikasi
ide pokok dan ide pendukung pada suatu paragraph atau teks
4.14
Berpartisipasi
dalam berdiskusi
4.15
Melakukan
wawancara dan menuliskan lapaorannya 4.16
Menggunakan
“ADiKSiMBa’ untuk menyusun tulisan |
Mandiri Bernalar
kritis
Barnalar
kristis Bergotong
royong
Berkebinekaan
global Mandiri
Mandiri Bernalar
kritis |
3 x 6 JP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar