Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 03 Agustus 2022

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Fase B Kelas 4 SD

 ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

BAHASA INDONESIA

Fase B

Kelas 4 SD

Pada akhir fase

Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar, sesuai dengan tujuan, kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang hal-hal menarik di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami dan menyampaikan gagasan dari teks informatif, serta mampu mengungkapkan gagasan dalam kerja kelompok dan diskusi, serta memaparkan pendapatnya secara lisan dan tertulis. Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam. Peserta didik mampu membaca dengan fasih dan lancar.

 

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

BAB/UNIT DALAM BUKU GURU

 TUJUAN PEMBELAJARAN

PROFIL PELAJAR PANCASILA

ALOKASI WAKTU

Menyimak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membaca dan Memirsa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berbicara dan Mempresentasikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menulis

 

 

Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

 

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

 

Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

 

Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.

 

Bab 1 : Sudah Besar

4.1  Memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita

 

 

 

 

 

 

 

 

4.2  Mengucapkan kata – kata yang Panjang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.3  Membedakan antara kalimat transitif dan kalimat intransitive

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.4  Mencari arti kata di dalam kamus dan membuat proyek kamus kelas 4

 

Bernalar Kritis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mandiri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mandiri

Berpikir kritis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bergotong royong

 

6 X 35 JP

Menyimak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membaca dan Memirsa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berbicara dan mempresentasikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

 

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

 

Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

 

 

 

Bab 2 : Di Bawah Atap

4.5  Memahami Isi teks yang dibacakan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.6  Mengenali dan menggunakan awalan ‘me-‘ sesuai kaidah bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.7  Menyampaikan pendapat dengan kalimat yang jelas

4.8  Mencari informasi dan mempresentasikan

Bernalar kristis

Mandiri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bernalar kristis

Mandiri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mandiri

 

6 x 35 JP

Membaca dan memirsa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berbicara dan Mempresentasikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menulis

Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

 

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

 

Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

 

 

 

Bab 3 : Lihat Sekitar

4.9        Mengenal pemakaian awalan ‘ber-‘ serta menggunakannya

 

 

 

 

 

 

 

 

4.10     Menyampaikan petunjuk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.11     Menuliskan teks dengan struktur argumentasi

4.12     Menulis teks dengan struktur deskripsi

Mandiri

Bernalar kritis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berkebinekaan global

Bergotong royong

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mandiri

 

6 x 35 JP

   Menyimak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membaca dan Memirsa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berbicara dan Mempresentasikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menulis

Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

 

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

 

Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

 

Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.

 

 

Bab 4 : Meniuk dan Menerjang

4.13     Mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung pada suatu paragraph atau teks

 

 

 

 

 

4.14     Berpartisipasi dalam berdiskusi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.15     Melakukan wawancara dan menuliskan lapaorannya

4.16     Menggunakan “ADiKSiMBa’ untuk menyusun tulisan

Mandiri

Bernalar kritis

 

 

 

 

 

 

 

 

Barnalar kristis

Bergotong royong

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berkebinekaan global

Mandiri

 

 

Mandiri

Bernalar kritis

3 x 6 JP

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perangkat Kurikulum Merdeka