Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 03 Agustus 2022

ATP Bahasa Inggris Kelas 4 SD Fase B

ATP Bahasa Inggris Kelas 4 SD Fase B 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

 

Pada fase ini, peserta didik mampu menyampaikan secara lisan istilah sederhana serta mengidentifikasi pertanyaan sederhana dalam Bahasa Inggris ketika berkegiatan sehari-hari di kelas. Selain itu peserta didik mampu memahami kalimat sederhana Bahasa Inggris sehingga mampu menjawab pertanyaan sederhana sebagai sebuah respon.

 

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

BAB/UNIT DALAM BUKU GURU

TUJUAN PEMBELAJARAN

PROFIL BELAJAR PANCASILA

ALOKASI WAKTU

Menyimak-Berbicara

 

 

Peserta didik mampu menggunakan bahasa Inggrus untuk berinteraksi dalam lingkuo situasi sosial dan kelas yang makin luas namun masih dapa diprediksi (rutin) menggunakan kalimat dengan pola tertentu.

Peserta didik mampu mengubah/mengganti sebagian elemen kalimat untuk dapat berpartisipasi dalam rutinitas kelas dan aktivitas belajar, seperti men- yampaikan perasaan, menyampaikan kebutuhan, dan meminta pertolongan.

Peserta didik mampu memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan dengan bantuan visual, serta menggunakan kosa kata sederhana. Peserta diidk mampu mengikuti rangkaian instruksi sederhana yang berkai- tan dengan prosedur kelas dan aktivitas belajar dengan bantuan visual.

 

UNIT 1

1.1 Peserta didik mampu mengekspresikan aktivitas sehari-hari menggunakan verb ing dan mampu membuat kalimat berdasarkan aktivitasnya.

 

1.2 Peserta didik mampu membuat kalimat dengan menggunakan verb ing.

Mandiri

Kreatif

Bergotong royong

2x35 JP

Menulis Mempresentasikan

Peserta didik mampu mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui gambar dan salinan tulisan.

Dengan bantuan guru, peserta didik mampu menghasilkan teks deskripsi dan prosedur sederhana menggunakan kata/frasa sederhana dan gambar. Peserta didik mampu  menulis  kosakata sederhana yang berkaitan dengan lingkungan kelas dan rumah  dalam Bahasa Inggris menggunakan ejaan yang diciptakan sendiri oleh anak

 

 

1.1 Peserta didik mampu mengekspresikan aktivitas sehari-hari menggunakan verb ing dan mampu membuat kalimat berdasarkan aktivitasnya.

 

1.2 Peserta didik mampu membuat kalimat dengan menggunakan verb ing.

Mandiri

Kreatif

Bergotong royong

2x35 JP

Membaca-Memirsa

 

 

Peserta didik mampu memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dengan bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu membaca dan mem- berikan respon terhadap teks pendek sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif.

UNIT 2

1.1 Peserta didik dapat mengidentifikasi angka 50-100 dalam Bahasa Inggris.

1.2 Peserta didik dapat menghitung benda dengan menggunakan angka 50-

100 dalam bahasa Inggris.

 

Bernalar kritis

Kreatif

 

2x35 JP

Menulis Mempresentasikan

 

Peserta didik mampu  mengomunikasikan ide dan  pengalamannya melalui gambar dan salinan tulisan. Dengan bantuan guru, peserta didik mampu menghasilkan teks deskripsi dan prosedur sederhana menggunakan kata/frasa sederhana dan gambar. Peserta didik mampu  menulis  kosakata sederhana yang berkaitan dengan lingkungan kelas dan rumah  dalam Bahasa Inggris menggunakan ejaan yang diciptakan sendiri oleh anak.

 

 

1.1 Peserta didik dapat mengidentifikasi angka 50-100 dalam Bahasa Inggris.

1.2 Peserta didik dapat menghitung benda dengan menggunakan angka 50-

100 dalam bahasa Inggris.

 

Bernalar kritis

Kreatif

 

2x35 JP

Menyimak- Berbicara

 

Peserta didik mampu menggunakan Bahasa Inggris untuk berinteraksi dalam lingkup situasi sosial dan kelas yang makin luas namun masih dalam prediksi (rutin).

Peserta didik mampu  menggunakan bahasa formula  untuk  berpartisipasi dalam rutinitas kelas dan aktivitas belajar  seperti menyampaikan perasaan, menyampaikan kebutuhan dan meminta pertolongan.

Peserta didik mampu memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan dengan bantuan visual dan menggunakan kosakata sederhana.

Peserta didik mampu mengikuti rangkaian instruksi sederhana yang berkai- tan dengan prosedur kelas dan aktivitas belajar dengan bantuan visual.

 

 

UNIT 3

Pada  pembelajaran unit  3 siswa mampu  mengidentifikasi preposisi  dalam konteks ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah dan dapat membuat kali- mat dengan menggunakan preposisi.

 

Mandiri

Kreatif

 

2x35 JP

Menyimak-Berbicara

 

 

Peserta didik mampu menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dalam lingkup situasi sosial dan kelas yang makin luas namun masih dapat dipredik- si (rutin) menggunakan kalimat dengan pola tertentu.

Peserta didik mampu mengubah/mengganti sebagian elemen kalimat untuk dapat berpartisipasi dalam rutinitas kelas dan aktivitas belajar, seperti men- yampaikan perasaan, menyampaikan kebutuhan, dan meminta pertolongan. Peserta didik mampu memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan dengan bantuan visual, serta menggunakan kosakata sederhana.

Peserta didik mampu mengikuti rangkaian instruksi sederhana yang berkai- tan dengan prosedur kelas dan aktivitas belajar dengan bantuan visual.

 

 

 

 

UNIT 4

1.1 Pada unit 4 peserta didik mampu merespon pertanyaan serta berbicara ten- tang  kegiatannya sehari-hari di rumah.  Kegiatan yang dilakukan  beeserta waktu pelak- sanaannya, example: every morning, every night, every day, etc.

 

Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME

Disiplin

Mandiri

 

2x35 JP

Membaca-Memirsa

 

Peserta didik mampu memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dengan bantuan gambar/ilustrasi.

Peserta didik  mampu  membaca dan  memberikan respon terhadap teks pendek sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan  atau  digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif.

 

 

 

 

 

Membaca – Memirsa

 

Peserta didik mampu memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dengan bantuan gambar/ilustrasi.

Peserta didik  mampu  membaca dan  memberikan respon terhadap teks pendek sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan  atau  digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif.

 

UNIT 5

Peserta didik mampu menyebutkan benda – benda di dalam ruangan den- gan baik dan lancar.

Peserta didik dapat menulis kalimat yang berkaitan dengan benda di ruangan.

 

 

 

Sopan

Mandiri

Kreatif

 

2x35 JP

Membaca – Memirsa

 

Peserta didik mampu memahami kata-kata yang sering digunakan se- hari-hari dengan bantuan gambar/ilustrasi.

Peserta didik mampu membaca dan memberikan respon terhadap teks pendek sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan  atau  digital, ter- masuk teks visual, multimodal atau interaktif.

 

 

 

 

UNIT 6

Peserta didik mampwu  mengenal benda-benda di dapur  dan di ka- mar mandi

Peserta didik mampu  merespon pertanyaan tentang pertanyaan

tentang aktifitas di ruangan.

 

Kreatif

Mandiri

2X35 JP

Menulis- Mempresentasikan

 

 

Peserta didik  mampu   mengomunikasikan  ide  dan  pengalamannya melalui gambar dan salinan tulisan.

Dengan   bantuan guru, peserta didik  mampu   menghasilkan teks deskripsi dan prosedur sederhana menggunakan kata/frasa sederhana dan gambar.

Peserta didik mampu menulis kosakata sederhana yang berkaitan den- gan lingkungan  kelas dan rumah  dalam Bahasa  Inggris menggunakan ejaan yang diciptakan sendiri oleh anak.

 

 

 

 

 

Menulis  Mempresentasikan

 

Peserta didik mampu mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui gambar  dan salinan tulisan. Dengan bantuan guru, mereka mengghasilan teks  deskripsi dan prosedur sederhana menggunakan kata/frasa seder- hana yang berkautan dengan lingkungan  kelas dan rumah  dalam Bahasa Inggrismenggunakan ejaan yang di ciptakan sementara.

Menyimak  Berbicara

Peserta didik mampu  menggunakan Bahasa  inggris untuk  berinteraksi dalam lingkup situasi sosial dan kelas yang makin luas namun masih dapat diprediksi ( rutin ) Mereka menggunakan bahasa formula untuk berparti sipasi  dalam rutinitas kelas dan aktivitas belajar  seperti menyampaikan kebutuhan,  dan  meminta pertolongan. Mereka memahami ide  pokok dari informasi  yang disampaikan secara lisan dengan bantuan visual dan menggunakan kosakata sederhana. Mereka mengikuti rangkaian instruk- si sederhana yang berkaitan dengan prosedur kelas dan aktivitas belajar dengan bantuan visual.

UNIT 7

Peserta didik    mampu  mengenali aktivitas-aktivitas  di  dalam  rumah dikaitkan dengan modal auxiliary can.

Peserta didik mampu  membuat teks  singkat  tentang aktivitas di dalam rumah dikaitkan dengan modal auxiliary can.

 

 

 

Mandiri Kreatif

2X35 JP

Membaca-Memirsa

 

Peserta didik memahami kata-kata yang sering  digunakan sehari-hari den- gan bantuan gambar/ilustrasi. Mereka membaca dan  memberikan respon terhadap teks pendek sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan atau dig- ital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif

 

 

 

UNIT 8

Peserta didik mampu mengidentifikasi waktu  dengan menggunakan jam analog.

Peserta mampu berdialog tentang penggunaan waktu.

 

 

 

 

Mandiri

Kreatif

Beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

2X35 JP

Menyimak-Berbicara

 

Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dalam lingkup situasi sosial dan kelas yang makin luas namun masih dapat diprediksi (rutin) menggunakan kalimat  dengan pola tertentu. Mereka mengubah/menggan- ti sebagian elemen kalimat untuk  dapat berpartisipasi dalam rutinitas kelas dan aktivitas belajar, seperti menyampaikan perasaan, menyampaikan kebu tuhan, dan meminta pertolongan. Mereka memahami ide pokok dari informa- si yang disampaikan secara lisan dengan bantuan visual, serta menggunakan kosa kata sederhana. Mereka mengikuti rangkaian instruksi sederhana yang berkaitan dengan prosedur kelas dan aktivitas belajar dengan bantuan visual.

 

 

 

 

 

 

 

 

              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perangkat Kurikulum Merdeka