ATP Bahasa Inggris Kelas 4 SD Fase B
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada fase ini, peserta didik mampu menyampaikan secara
lisan istilah sederhana serta mengidentifikasi pertanyaan sederhana dalam
Bahasa Inggris ketika berkegiatan sehari-hari di kelas. Selain itu peserta
didik mampu memahami kalimat sederhana Bahasa Inggris sehingga mampu menjawab
pertanyaan sederhana sebagai sebuah respon.
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
BAB/UNIT DALAM BUKU GURU |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
PROFIL BELAJAR PANCASILA |
ALOKASI WAKTU |
Menyimak-Berbicara
|
Peserta didik mampu menggunakan bahasa Inggrus untuk berinteraksi
dalam lingkuo situasi sosial dan kelas yang makin luas namun masih dapa
diprediksi (rutin) menggunakan kalimat dengan pola tertentu. Peserta didik mampu mengubah/mengganti sebagian elemen kalimat untuk dapat berpartisipasi dalam rutinitas kelas
dan aktivitas belajar, seperti men- yampaikan perasaan,
menyampaikan kebutuhan, dan meminta pertolongan. Peserta didik mampu memahami ide pokok dari
informasi yang disampaikan
secara lisan dengan bantuan visual, serta menggunakan kosa kata sederhana.
Peserta diidk mampu mengikuti rangkaian instruksi sederhana yang berkai- tan dengan prosedur kelas dan aktivitas belajar dengan bantuan
visual.
|
UNIT 1 |
1.1 Peserta didik mampu mengekspresikan aktivitas sehari-hari
menggunakan verb ing dan mampu membuat kalimat berdasarkan aktivitasnya.
1.2 Peserta didik mampu membuat kalimat dengan menggunakan verb ing. |
Mandiri Kreatif Bergotong royong |
2x35 JP |
Menulis Mempresentasikan |
Peserta didik mampu mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui
gambar dan salinan tulisan. Dengan bantuan guru, peserta didik mampu menghasilkan
teks deskripsi dan prosedur sederhana menggunakan kata/frasa sederhana dan gambar. Peserta didik mampu menulis kosakata sederhana yang berkaitan dengan
lingkungan kelas
dan rumah dalam Bahasa
Inggris menggunakan ejaan yang diciptakan sendiri oleh anak
|
|
1.1 Peserta didik mampu mengekspresikan aktivitas sehari-hari
menggunakan verb ing dan mampu membuat kalimat berdasarkan aktivitasnya.
1.2 Peserta didik mampu membuat kalimat dengan menggunakan verb ing. |
Mandiri Kreatif Bergotong royong |
2x35 JP |
Membaca-Memirsa
|
Peserta didik mampu memahami
kata-kata yang
sering digunakan
sehari-hari dengan bantuan gambar/ilustrasi. Peserta
didik mampu membaca dan mem- berikan respon terhadap teks pendek sederhana dan familiar dalam bentuk
tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif. |
UNIT 2 |
1.1 Peserta didik dapat mengidentifikasi angka 50-100 dalam Bahasa Inggris. 1.2 Peserta didik dapat menghitung benda
dengan menggunakan angka 50- 100 dalam bahasa Inggris.
|
Bernalar kritis Kreatif
|
2x35 JP |
Menulis
Mempresentasikan
|
Peserta didik mampu mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui gambar dan salinan tulisan.
Dengan bantuan guru, peserta didik mampu menghasilkan
teks deskripsi dan prosedur sederhana menggunakan kata/frasa sederhana dan gambar. Peserta didik mampu menulis kosakata sederhana yang berkaitan dengan
lingkungan kelas
dan rumah dalam Bahasa
Inggris menggunakan ejaan yang diciptakan sendiri oleh
anak.
|
|
1.1 Peserta didik dapat mengidentifikasi angka 50-100 dalam Bahasa Inggris. 1.2 Peserta didik dapat menghitung benda
dengan menggunakan angka 50- 100 dalam bahasa Inggris.
|
Bernalar kritis Kreatif
|
2x35 JP |
Menyimak- Berbicara
|
Peserta didik mampu menggunakan Bahasa Inggris
untuk berinteraksi dalam lingkup situasi
sosial dan kelas yang makin luas namun masih dalam prediksi
(rutin). Peserta didik mampu menggunakan
bahasa formula untuk
berpartisipasi dalam rutinitas kelas dan aktivitas belajar
seperti menyampaikan perasaan, menyampaikan kebutuhan dan meminta pertolongan. Peserta
didik mampu memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan
dengan bantuan visual dan menggunakan kosakata sederhana. Peserta
didik mampu mengikuti rangkaian instruksi sederhana yang berkai- tan dengan
prosedur kelas dan aktivitas belajar dengan bantuan visual.
|
UNIT 3 |
Pada pembelajaran unit 3 siswa mampu mengidentifikasi preposisi dalam konteks ruangan-ruangan yang ada di
dalam rumah dan dapat membuat kali- mat dengan menggunakan preposisi.
|
Mandiri Kreatif
|
2x35 JP |
Menyimak-Berbicara
|
Peserta
didik mampu menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dalam lingkup
situasi sosial dan kelas yang makin luas namun masih dapat dipredik- si
(rutin) menggunakan kalimat dengan pola tertentu. Peserta
didik mampu mengubah/mengganti sebagian elemen kalimat untuk dapat
berpartisipasi dalam rutinitas kelas dan aktivitas belajar, seperti men-
yampaikan perasaan, menyampaikan kebutuhan, dan meminta pertolongan. Peserta
didik mampu memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan
dengan bantuan visual, serta menggunakan kosakata sederhana. Peserta didik mampu mengikuti rangkaian instruksi sederhana yang berkai- tan dengan prosedur kelas dan aktivitas belajar dengan bantuan
visual.
|
UNIT 4 |
1.1 Pada
unit 4 peserta didik mampu merespon pertanyaan serta berbicara ten- tang kegiatannya sehari-hari di rumah. Kegiatan yang dilakukan beeserta waktu pelak- sanaannya, example:
every morning, every night, every day, etc.
|
Beriman
dan bertakwa kepada Tuhan YME Disiplin Mandiri
|
2x35 JP |
Membaca-Memirsa
|
Peserta
didik mampu memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dengan
bantuan gambar/ilustrasi. Peserta
didik mampu membaca dan
memberikan respon terhadap teks pendek sederhana dan familiar dalam
bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal
atau interaktif.
|
|
|
|
|
Membaca – Memirsa
|
Peserta
didik mampu memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dengan
bantuan gambar/ilustrasi. Peserta
didik mampu membaca dan
memberikan respon terhadap teks pendek sederhana dan familiar dalam
bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal
atau interaktif.
|
UNIT 5 |
Peserta
didik mampu menyebutkan benda – benda di dalam ruangan den- gan baik dan
lancar. Peserta didik dapat menulis kalimat yang berkaitan dengan benda
di ruangan.
|
Sopan Mandiri Kreatif
|
2x35 JP |
Membaca – Memirsa
|
Peserta
didik mampu memahami kata-kata yang sering digunakan se- hari-hari dengan
bantuan gambar/ilustrasi. Peserta
didik mampu membaca dan memberikan respon terhadap teks pendek sederhana dan
familiar dalam bentuk tulisan
atau digital, ter- masuk teks
visual, multimodal atau interaktif.
|
UNIT 6 |
Peserta
didik mampwu mengenal benda-benda di
dapur dan di ka- mar mandi Peserta
didik mampu merespon pertanyaan
tentang pertanyaan tentang
aktifitas di ruangan.
|
Kreatif Mandiri |
2X35 JP |
Menulis- Mempresentasikan
|
Peserta
didik mampu mengomunikasikan ide
dan pengalamannya melalui
gambar dan salinan tulisan. Dengan bantuan guru, peserta didik
mampu menghasilkan teks
deskripsi dan prosedur sederhana menggunakan kata/frasa sederhana dan gambar. Peserta
didik mampu menulis kosakata sederhana yang berkaitan den- gan
lingkungan kelas dan rumah dalam Bahasa Inggris menggunakan ejaan yang diciptakan
sendiri oleh anak.
|
|
|
|
|
Menulis
Mempresentasikan
|
Peserta
didik mampu mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui gambar dan salinan tulisan. Dengan bantuan guru,
mereka mengghasilan teks deskripsi dan
prosedur sederhana menggunakan kata/frasa seder- hana yang berkautan dengan
lingkungan kelas dan rumah dalam Bahasa Inggrismenggunakan ejaan yang
di ciptakan sementara. Menyimak
Berbicara Peserta
didik mampu menggunakan Bahasa inggris untuk berinteraksi dalam lingkup situasi sosial
dan kelas yang makin luas namun masih dapat diprediksi ( rutin ) Mereka
menggunakan bahasa formula untuk berparti sipasi
dalam rutinitas kelas dan aktivitas belajar
seperti menyampaikan kebutuhan,
dan
meminta pertolongan. Mereka
memahami ide pokok
dari informasi yang disampaikan secara
lisan dengan bantuan visual dan menggunakan kosakata sederhana. Mereka
mengikuti rangkaian instruk- si sederhana yang berkaitan dengan prosedur
kelas dan aktivitas belajar dengan bantuan visual. |
UNIT 7 |
Peserta
didik mampu mengenali aktivitas-aktivitas di
dalam rumah dikaitkan dengan
modal auxiliary can. Peserta
didik mampu membuat teks singkat
tentang aktivitas di dalam rumah dikaitkan dengan modal auxiliary can.
|
Mandiri Kreatif |
2X35 JP |
Membaca-Memirsa
|
Peserta
didik memahami kata-kata yang sering
digunakan sehari-hari den- gan bantuan gambar/ilustrasi. Mereka
membaca dan memberikan respon terhadap
teks pendek sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan atau dig- ital,
termasuk teks visual, multimodal atau interaktif
|
UNIT 8 |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi waktu
dengan menggunakan jam analog. Peserta
mampu berdialog tentang penggunaan waktu.
|
Mandiri Kreatif Beriman
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
|
2X35 JP |
Menyimak-Berbicara
|
Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dalam lingkup situasi sosial
dan kelas yang makin
luas namun masih
dapat diprediksi (rutin)
menggunakan kalimat dengan pola tertentu. Mereka
mengubah/menggan- ti sebagian elemen
kalimat untuk dapat berpartisipasi dalam rutinitas kelas dan aktivitas belajar, seperti menyampaikan perasaan, menyampaikan kebu
tuhan, dan meminta pertolongan. Mereka memahami ide pokok dari informa-
si yang disampaikan secara lisan dengan bantuan visual, serta
menggunakan kosa kata sederhana. Mereka mengikuti rangkaian instruksi
sederhana yang berkaitan dengan prosedur kelas dan aktivitas belajar dengan
bantuan visual.
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar