Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 03 Agustus 2022

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV

 ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

MATEMATIKA KELAS IV

 

Pada akhir fase B, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000, dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah, dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika, dan dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 100. Mereka dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor, masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat membandingkan dan mengurutkan antar- pecahan, serta dapat mengenali pecahan senilai. Mereka dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal, dan dapat menghubungkan pecahan desimal dan perseratusan dengan persen.

Peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku, dan dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang. Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar dan dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan satu cara atau lebih jika memungkinkan.

Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

BAB/UNIT DALAM BUKU GURU

 TUJUAN PEMBELAJARAN

PROFIL PELAJAR PANCASILA

ALOKASI WAKTU

Bilangan

Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya ½, 1/3, ¼) dan    antar-pecahan    dengan    penyebut    yang    sama (misalnya, 2/8, 3/8, 7/8) Mereka   dapat   mengenali   pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

 

 

UNIT 1

PESERTA DIDIK DAPAT:

·       Membaca dan menyajikan bilangan  cacah dan lambangnya sampai angka 9.999

·       Membaca  dan menuliskan angka hingga100 juta.

·       Membandingkan  dan mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya sampai 999.

·       memahami konsep serta melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai dengan 100 dengan berbagai representasi visual dan strategi perhitungan

·       Memahami  bagaimana mengekspresikan menggunakan mekanisme angka.

·       Menyatakan  bilangan dengan benar sambil membandingkannya dengan tabel notasi nilai tempat.

 

Berpikir kritis, mandiri, kreatif

60 JP

UNIT 2

PESERTA DIDIK DAPAT:

 

·       Memahami operasi pembagian dengan benar

·       memikirkan  aturan operasi pembagian dengan memperhatikan cara-cara "bilangan yang dibagi", "bilangan pembagi", yang meng hasilkan "hasil bagi" yang sama.

 

Bernalar kritis,

UNIT 3

Peserta didik dapat memikirkan tentang cara menghitung 48/3  dengan menggunakan gambar dan pembagian yang telah dipelajari.

Bernalar kritis,

UNIT 5

PESERTA DIDIK DAPAT

·       memahami cara menghitung pembagian        bersusun dengan hasil 0 di tengah jawaban.

·       memahami cara mengecek metode pembagian yang memiliki sisa.

membuat keputusan aritmatika mengenai adegan perkalian dan pembagian.

·       memahami cara menghitung bersusun pada operasi perhitungan: (bilangan nilai tempat ke-2) : (bilangan nilai tempat pertama).

·       memahami cara mengonfirmasi jawaban       dari operasi hitung pembagian.

·       memahami arti hasil   bagi bilangan nilai tempat

·       memahami arti dari (bilangan nilai tempat ketiga) : (bilangan nilai tempat pertama) dan cara menghitung dengan bersusun.

·        

Bernalar kritis, mandiri

UNIT 7

PESERTA DIDIK DAPAT

·       memahami bahwa dalam pembagian, hasil bagi tidak mengubah apakah pembagi dan pembagi dikalikan dengan bilangan yang sama atau pembagi dan yang dibagi dengan bilangan yang sama.

·       Memahami hubungan antara perkalian, pengali, dan hasil perkalian.

·       memahami Hubungan antara dua jumlah dapat         dihitung dengan menerapkan pembagian untuk menentukan berapa kali yang lain dikalikan ketika salah satunya dianggap

·       memahami arti pembagian dengan bilangan 2 angka.

·       memahami format  pembagian  panjang dengan bentuk berikut (2-3 angka) : (2 angka) = (1 angka).

·       menemukan cara penghitungan bersusun untuk (bilangan 3 angka) : (bilangan 2 angka)

·       Memikirkan cara penghitungan bersusun dengan 0 di nilai tempat satuan hasil bagi.

 

Bernalar kritis, mandiri, kreatif

UNIT 9

PESERTA DIDIK DAPAT

 

·        memahami arti dan istilah angka pembulatan

·       memperhatikan keuntungan dari pembulatan

angka, mengembangkan sikap, menggunakan

dan mencari pembulatan angka dalam kehidupan sehari-hari.

·       mengetahui bahwa selain metode pembulatan ada metode "pembulatan ke bawah" dan "pembulatan ke atas".

Bernalar kritis, mandiri, kreatif

UNIT 10

Peserta didik mampu menggunakan sempoa untuk menunjukan perhitungan penjumlahan dan pengurangan

 

UNIT 11

PESERTA DIDIK DAPAT

·       memanfaatkan hukum komutatif, asosiatif, dan distributif dalam perhitungan.

·       menerapkan hukum distributif, hukum asosiatif, dan hukum komutatif terjadi dalam situasi konkret.

·       menghitung operasi aritmatika pada bilangan asli.

menerapkan operasi hitung aritmatika pada bilangan asli multi-digit.

·       menunjukkan cara menghitung kuantitas yang menggunakan tanda kurung (  )

·       memahami urutan langkah operasi yang melibatkan tanda kurung (  )

·       memahami hubungan umum dan khusus dari perhitungan yang melibatkan tanda kurung (  )

·        

Bernalar kritis, mandiri, kreatif

UNIT 13

PESERTA DIDIK DAPAT

 

·       Memahami cara membaca dan menulis bilangan desimal sampai tempat desimal ketiga.

·       Memahami hubungan antar nilai tempat pada bilangan desimal.

·       memahami 1/10 sebagai persepuluhan pada bilangan desimal.

·       memahami arti, cara menulis, dam cara menghitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan desimal.

Bernalar kritis, mandiri, kreatif

UNIT 16

Peserta didik dapat memahami arti persamaan /rumus(desimal) x (bilangan bulat) dengan menggunakan garis bilangan sebagai petunjuknya.

Bernalar kritis, mandiri, kreatif

Peserta didik dapat memahami cara menghitung (desimal) x (bilangan bulat) dan memahami cara menghitung dengan menggunakan perhitungan bersusun.

UNIT 17

PESERTA DIDIK DAPAT

·       memahami  Pecahan melebihi 1 dapat dinyatakan sebagai pecahan campuran dan pecahan tidak sejati.

·       memahami hubungan antara besaran pecahan satuan dengan menggunakan garis bilangan sebagai pedoman/petunjuk.

·       mencari pecahan yang berukuran sama menggunakan garis bilangan.

·       memahami bahwa pecahan yang lebih besar dari 1 juga diwakili oleh banyaknya pecahan satuan.

·       memahami  Pecahan sejati, pecahan campuran, dan pecahan tak sejati.

·       memahami situasi di mana penjumlahan dan pengurangan pecahan diterapkan.

·       memahami cara menambah dan mengurangi pecahan dari penyebut yang sama.

Bernalar kritis, mandiri, kreatif

Aljabar

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100 (contoh: 10 + = 19, 19 - = 10) .Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.

 

UNIT 14

PESERTA DIDIK DAPAT

·       memikirkan cara menghitung 1,2 × 3 dan 5,4 ÷ 3 dengan menggunakan diagram dan persamaan berdasarkan pengetahuan sebelumnya.

·       menemukan    perspektif untuk memeriksa cedera di            sekolah dasar dan mengatur materi yang diperlukan.

·       membuat tabel materi yang disusun dari dua perspektif dan merangkum apa yang bisa dipelajari dari materi tersebut.

Bernalar kritis, mandiri, kreatif

25 JP

UNIT 19

PESERTA DIDIK DAPAT

·        menemukan   kuantitas yang berubah bersamaan dalam kehidupan sehari-hari.

·       merepresentasi hubungan antar dua kuantitas dalam bentuk tabel dan grafik.

·       menentukan hubungan antara dua kuantitas yang berubah seiring waktu diwakili oleh persamaan menggunakan  dan ○, dan dapat diketahui dengan menggunakan bilangan pada dan ○.

Bernalar kritis, mandiri, kreatif

Pengukuran

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

UNIT 12

PESERTA DIDIK DAPAT

·       mencari  panjang sisi dari suatu persegi yang diketahui luasnya, atau mencari ukuran panjang/lebar dari suatu persegi panjang yang diketahui luas dan satu ukuran panjang/lebarnya.

·       mencari  luas daerah bangun kombinasi.

·       mengetahui satuan luas m2, a, ha, dan km2, dan dapat  menggunakan satuan tersebut untuk mencari luas.

·       memahami keterkaitan antara satuan luas m2, a, ha, dan km2

·       memahami   arti satuan dan ukuran luas, serta mampu menghitung luas.

·       memahami  cara membandingkan unit pilihan dan cara membandingkan lebar.

·       memahami  dan menggunakan konsep luas, cara mengukur, dan satuan cm2

·       mencari luas daerah persegi dan luas persegi panjang, serta menuliskan rumus untuk keduanya.

·       mencari  luas daerah setelah terlebih dahulu melakukan pengukuran panjang dan lebar yang diperlukan

Bernalar kritis, mandiri, kreatif

20 JP

Geometri

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

UNIT 4

PESERTA DIDIK DAPAT

·       memahami  definisi dan sifat jajaran genjang, dan menggambar dengan memanfaatkan definisi dan sifatnya tersebut.

·       memahami  definisi dan sifat belah    ketupat, dan menggambar menggunakan definisi tersebut.

·       memahami   tentang sifat-sifat segiempat.

memahami  sifat  segi  empat melalui teknik teselasi segiempat.

·       memahami arti pengukuran    besar sudut     dan satuan ukuran sudut, “derajat (°)”.

·       mengukur sudut menggunakan busur derajat dan menggambarnya

·       mengetahui ukuran sudut penggaris segitiga dan menggunakannya untuk membuat sudut dengan berbagai ukuran.

Bernalar kritis, mandiri, kreatif

35 JP

UNIT 6

·       memahami  arti tegak lurus.

·       mencari tahu   dua garis yang berada dalam hubungan tegak lurus.

·       memahami  cara menggambar garis tegak lurus.

·       memahami  arti kesejajaran/paralelisme.

·       memahami  sifat garis sejajar.

·       memahami  garis sejajar.

·       memahami  dan          cara menggambarnya.

Bernalar kritis, mandiri, kreatif

UNIT 18

PESERTA DIDIK DAPAT

·       mengenali sisi-sisi yang tegak lurus dan sejajar pada kubus dan balok.

·       menggunakan gambar atau     sketsa  untuk mengenali komponen-komponen kubus dan balok.

·       memahami bahwa posisi suatu benda dalam sebuah bidang dapat diwakili oleh dua pasang angka.

Peserta didik dapat memahami bahwa posisi suatu benda di sebuah ruang dapat diwakili oleh tiga pasang bilangan.

·       memahami  memahami definisi persegi panjang dan kubus dan komponen (sisi, rusuk, titik sudut) balok dan kubus dengan mengklasifikasikan kotak di sekitar kita.

·       mengenali bangun ruang kubus dan balok serta menemukan hubungan antar sisi, ruruk, dan titik sudutnya.

·       menggambar jari-jari kubus dan balok.

Bernalar kritis, mandiri, kreatif

Analis Data dan Peluang

Pada akhir fase B, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan).

UNIT 8

PESERTA DIDIK DAPAT

 

·       memahami cara menggambar diagram garis dan meningkatkan kemampuan membaca karakteristik dan tren perubahan dari diagram lengkap.

·       mengetahui  kelebihan dan kekurangan diagram garis, Anda dapat menggambar diagram garis dengan skala yang dibuat.

Berpikir Kritis

30 JP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perangkat Kurikulum Merdeka