ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
MATEMATIKA KELAS
IV
Pada akhir fase B, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai
10.000. Mereka dapat
melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah
sampai 1.000, dapat melakukan
operasi perkalian dan pembagian bilangan
cacah, dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika, dan dapat
mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan
pola gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan
yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai
100. Mereka dapat
menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor, masalah
berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.
Mereka dapat membandingkan dan mengurutkan antar-
pecahan, serta dapat mengenali pecahan senilai. Mereka dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan
(number sense) pada bilangan desimal,
dan dapat menghubungkan pecahan desimal dan perseratusan dengan persen.
Peserta didik
dapat mengukur panjang
dan berat benda menggunakan
satuan baku, dan dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang. Mereka
dapat mengukur dan mengestimasi
luas dan volume menggunakan satuan tidak baku
dan satuan baku berupa bilangan
cacah.
Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun
datar dan dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan satu cara atau lebih jika memungkinkan.
Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan,
menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram
gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan).
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
BAB/UNIT DALAM BUKU GURU |
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
PROFIL
PELAJAR PANCASILA |
ALOKASI WAKTU |
Bilangan |
Pada akhir
fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman
dan intuisi bilangan (number sense)
pada bilangan cacah sampai 10.000.
Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai
tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi
dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka
juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan
uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan
bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat
melakukan operasi perkalian dan pembagian
bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika.
Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan
kelipatan dan faktor. Peserta didik
dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan
dengan pembilang satu
(misalnya ½, 1/3, ¼) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, 2/8, 3/8, 7/8) Mereka
dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar
dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense)
pada bilangan desimal. Mereka dapat
menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan
perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
|
UNIT 1 |
PESERTA DIDIK DAPAT: · Membaca
dan menyajikan bilangan cacah dan
lambangnya sampai angka 9.999 · Membaca
dan menuliskan angka hingga100 juta. · Membandingkan
dan mengurutkan bilangan-bilangan
dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya sampai 999. · memahami
konsep serta melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai
dengan 100 dengan berbagai representasi visual dan strategi perhitungan · Memahami
bagaimana mengekspresikan menggunakan
mekanisme angka. · Menyatakan
bilangan dengan benar sambil
membandingkannya dengan tabel notasi nilai tempat.
|
Berpikir
kritis, mandiri, kreatif |
60 JP |
UNIT 2 |
PESERTA DIDIK DAPAT:
· Memahami
operasi pembagian dengan benar · memikirkan
aturan operasi pembagian dengan memperhatikan
cara-cara "bilangan yang dibagi", "bilangan pembagi",
yang meng hasilkan "hasil bagi" yang sama.
|
Bernalar
kritis, |
|||
UNIT 3 |
Peserta
didik dapat memikirkan tentang cara menghitung 48/3 dengan menggunakan gambar dan pembagian
yang telah dipelajari. |
Bernalar
kritis, |
|||
UNIT 5 |
PESERTA
DIDIK DAPAT · memahami
cara menghitung pembagian
bersusun dengan hasil 0 di tengah jawaban. · memahami
cara mengecek metode pembagian yang memiliki sisa. membuat keputusan aritmatika mengenai
adegan perkalian dan pembagian. · memahami
cara menghitung bersusun pada operasi perhitungan: (bilangan nilai tempat
ke-2) : (bilangan nilai tempat pertama). · memahami
cara mengonfirmasi jawaban dari
operasi hitung pembagian. · memahami
arti hasil bagi bilangan nilai tempat · memahami
arti dari (bilangan nilai tempat ketiga) : (bilangan nilai tempat pertama)
dan cara menghitung dengan bersusun. · |
Bernalar
kritis, mandiri |
|||
UNIT 7 |
PESERTA DIDIK DAPAT · memahami
bahwa dalam pembagian, hasil bagi tidak mengubah apakah pembagi dan pembagi
dikalikan dengan bilangan yang sama atau pembagi dan yang dibagi dengan
bilangan yang sama. · Memahami
hubungan antara perkalian, pengali, dan hasil perkalian. · memahami
Hubungan antara dua jumlah dapat
dihitung dengan menerapkan pembagian untuk menentukan berapa kali yang lain
dikalikan ketika salah satunya dianggap · memahami
arti pembagian dengan bilangan 2 angka. · memahami
format pembagian panjang dengan bentuk berikut (2-3 angka)
: (2 angka) = (1 angka). · menemukan
cara penghitungan bersusun untuk (bilangan 3 angka) : (bilangan 2 angka) · Memikirkan
cara penghitungan bersusun dengan 0 di nilai tempat satuan hasil bagi.
|
Bernalar
kritis, mandiri, kreatif |
|||
UNIT
9 |
PESERTA DIDIK DAPAT
· memahami arti dan istilah angka pembulatan · memperhatikan
keuntungan dari pembulatan angka, mengembangkan sikap, menggunakan dan mencari pembulatan angka dalam
kehidupan sehari-hari. · mengetahui
bahwa selain metode pembulatan ada metode "pembulatan ke bawah"
dan "pembulatan ke atas". |
Bernalar
kritis, mandiri, kreatif |
|||
UNIT
10 |
Peserta
didik mampu menggunakan sempoa untuk menunjukan perhitungan penjumlahan dan
pengurangan |
|
|||
UNIT
11 |
PESERTA DIDIK DAPAT · memanfaatkan
hukum komutatif, asosiatif, dan distributif dalam perhitungan. · menerapkan
hukum distributif, hukum asosiatif, dan hukum komutatif terjadi dalam
situasi konkret. · menghitung
operasi aritmatika pada bilangan asli. menerapkan operasi hitung aritmatika
pada bilangan asli multi-digit. · menunjukkan
cara menghitung kuantitas yang menggunakan tanda kurung ( ) · memahami
urutan langkah operasi yang melibatkan tanda kurung ( ) · memahami
hubungan umum dan khusus dari perhitungan yang melibatkan tanda kurung
( ) · |
Bernalar
kritis, mandiri, kreatif |
|||
UNIT
13 |
PESERTA DIDIK DAPAT
· Memahami
cara membaca dan menulis bilangan desimal sampai tempat desimal ketiga. · Memahami
hubungan antar nilai tempat pada bilangan desimal. · memahami
1/10 sebagai persepuluhan pada bilangan desimal. · memahami
arti, cara menulis, dam cara menghitung penjumlahan dan pengurangan pada
bilangan desimal. |
Bernalar
kritis, mandiri, kreatif |
|||
UNIT
16 |
Peserta
didik dapat memahami arti persamaan /rumus(desimal) x (bilangan bulat)
dengan menggunakan garis bilangan sebagai petunjuknya. |
Bernalar
kritis, mandiri, kreatif |
|||
Peserta
didik dapat memahami cara menghitung (desimal) x (bilangan bulat) dan
memahami cara menghitung dengan menggunakan perhitungan bersusun. |
|||||
UNIT
17 |
PESERTA
DIDIK DAPAT · memahami Pecahan melebihi 1 dapat dinyatakan
sebagai pecahan campuran dan pecahan tidak sejati. · memahami
hubungan antara besaran pecahan satuan
dengan menggunakan garis bilangan sebagai pedoman/petunjuk. · mencari
pecahan yang berukuran sama menggunakan garis bilangan. · memahami
bahwa pecahan yang lebih besar dari 1 juga diwakili oleh banyaknya pecahan
satuan. · memahami Pecahan sejati, pecahan campuran, dan
pecahan tak sejati. · memahami
situasi di mana penjumlahan dan pengurangan pecahan diterapkan. · memahami
cara menambah dan mengurangi pecahan dari penyebut yang sama. |
Bernalar
kritis, mandiri, kreatif |
|||
Aljabar |
Pada akhir
Fase B, peserta didik dapat mengisi nilai yang belum
diketahui dalam sebuah
kalimat matematika yang
berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
pada bilangan cacah sampai 100 (contoh: 10 + … = 19, 19 - … = 10) .Peserta didik dapat
mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola
gambar atau obyek
sederhana dan pola
bilangan membesar dan mengecil yang
melibatkan penjumlahan dan pengurangan pada
bilangan cacah sampai
100.
|
UNIT
14 |
PESERTA
DIDIK DAPAT ·
memikirkan cara menghitung 1,2 × 3 dan
5,4 ÷ 3 dengan menggunakan diagram dan persamaan berdasarkan pengetahuan
sebelumnya. ·
menemukan perspektif untuk memeriksa cedera di sekolah dasar dan mengatur materi yang diperlukan. ·
membuat tabel materi yang disusun dari
dua perspektif dan merangkum apa yang bisa dipelajari dari materi tersebut. |
Bernalar
kritis, mandiri, kreatif |
25 JP |
UNIT
19 |
PESERTA
DIDIK DAPAT · menemukan kuantitas
yang berubah bersamaan dalam kehidupan sehari-hari. · merepresentasi
hubungan antar dua kuantitas dalam bentuk tabel dan grafik. · menentukan
hubungan antara dua kuantitas yang berubah seiring waktu diwakili oleh
persamaan menggunakan dan ○, dan
dapat diketahui dengan menggunakan bilangan pada dan ○. |
Bernalar
kritis, mandiri, kreatif |
|||
Pengukuran |
Pada akhir
Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat
benda menggunakan satuan
baku. Mereka dapat
menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm,
m). Mereka dapat
mengukur dan mengestimasi luas dan volume
menggunakan satuan tidak
baku dan satuan
baku berupa bilangan cacah. |
UNIT
12 |
PESERTA
DIDIK DAPAT · mencari panjang sisi dari suatu persegi yang
diketahui luasnya, atau mencari ukuran panjang/lebar dari suatu persegi
panjang yang diketahui luas dan satu ukuran panjang/lebarnya. · mencari luas daerah bangun kombinasi. · mengetahui
satuan luas m2, a, ha, dan km2, dan dapat
menggunakan satuan tersebut untuk mencari luas. · memahami
keterkaitan antara satuan luas m2, a, ha, dan km2 · memahami arti satuan dan ukuran luas, serta mampu
menghitung luas. · memahami cara membandingkan unit pilihan dan cara
membandingkan lebar. · memahami dan menggunakan konsep luas, cara
mengukur, dan satuan cm2 · mencari
luas daerah persegi dan luas persegi panjang, serta menuliskan rumus untuk keduanya. · mencari luas daerah setelah terlebih dahulu
melakukan pengukuran panjang dan lebar yang diperlukan |
Bernalar
kritis, mandiri, kreatif |
20 JP |
Geometri |
Pada akhir
Fase B, peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun
(komposisi) dan mengurai
(dekomposisi) berbagai bangun datar dengan
lebih dari satu cara jika memungkinkan. |
UNIT
4 |
PESERTA
DIDIK DAPAT · memahami definisi dan sifat jajaran genjang, dan menggambar
dengan memanfaatkan definisi dan sifatnya tersebut. · memahami definisi dan sifat belah ketupat, dan menggambar menggunakan
definisi tersebut. · memahami tentang sifat-sifat segiempat. memahami sifat
segi empat melalui teknik teselasi segiempat. · memahami
arti pengukuran besar sudut dan satuan ukuran sudut, “derajat (°)”. · mengukur
sudut menggunakan busur derajat dan menggambarnya · mengetahui
ukuran sudut penggaris segitiga dan menggunakannya untuk membuat sudut dengan
berbagai ukuran. |
Bernalar
kritis, mandiri, kreatif |
35 JP |
UNIT
6 |
· memahami arti tegak lurus. · mencari
tahu dua garis yang berada dalam
hubungan tegak lurus. · memahami cara menggambar garis tegak lurus. · memahami arti kesejajaran/paralelisme. · memahami sifat garis sejajar. · memahami garis sejajar. · memahami dan cara
menggambarnya. |
Bernalar
kritis, mandiri, kreatif |
|||
UNIT
18 |
PESERTA
DIDIK DAPAT · mengenali
sisi-sisi yang tegak lurus dan sejajar pada kubus dan balok. · menggunakan
gambar atau sketsa untuk mengenali komponen-komponen kubus dan
balok. · memahami
bahwa posisi suatu benda dalam sebuah bidang dapat diwakili oleh dua pasang
angka. Peserta didik dapat memahami bahwa
posisi suatu benda di sebuah ruang dapat diwakili oleh tiga pasang bilangan. · memahami memahami definisi persegi panjang dan
kubus dan komponen (sisi, rusuk, titik sudut) balok dan kubus dengan
mengklasifikasikan kotak di sekitar kita. · mengenali
bangun ruang kubus dan balok serta menemukan hubungan antar sisi, ruruk, dan
titik sudutnya. · menggambar
jari-jari kubus dan balok. |
Bernalar
kritis, mandiri, kreatif |
|||
Analis
Data dan Peluang |
Pada akhir
fase B, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data
dalam bentuk tabel,
diagram gambar, piktogram, dan diagram batang
(skala satu satuan). |
UNIT
8 |
PESERTA
DIDIK DAPAT
· memahami
cara menggambar diagram garis dan meningkatkan kemampuan membaca
karakteristik dan tren perubahan dari diagram lengkap. · mengetahui kelebihan dan kekurangan diagram garis,
Anda dapat menggambar diagram garis dengan skala yang dibuat. |
Berpikir Kritis |
30 JP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar