ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Fase B
Pada
fase ini, peserta didik dapat:
Memahami dan menjelaskan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan
contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari; menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat; mengidentifikasi aturan di keluarga,
sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal
serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru; mengidentifikasi dan menyajikan hasil
identifikasi hak dan kewajiban
sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah; dan melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
Menjelaskan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya
sesuai budaya, minat, dan perilakunya; mengenali dan menyebutkan identitas diri (fisik dan non-fisik) orang di lingkungan
sekitarnya; menghargai perbedaan
karakteristik baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun non fisik
(contoh : miskin, kaya, dll) orang di lingkungan sekitar; menghargai kebinekaan suku bangsa, sosial
budaya, dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika; mengidentifikasi dan menyajikan berbagai
bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar;
memahami lingkungan sekitar
(RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak
terpisahkan dari wilayah
NKRI; dan menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai
bentuk keberagaman suku bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
BAB/UNIT DALAM BUKU GURU |
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
ALOKASI WAKTU |
PANCASILA |
Peserta didik
mampu memahami dan menjelaskan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan
contoh penerapan sila Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta
didik. Peserta didik
mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan
masyarakat. |
UNIT I |
1.1
Peserta
didik memiliki akhlak mulia dengan didasari
keimanan dan ketakwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa. 1.2 Peserta didik memahami makna dan nilai-nilai Pancasila, serta proses perumusannya sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan ideologi negara. 1.3 Peserta didik dapat memberikan contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila
|
Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan
YME dan berakhlak mulia
Kreatif
Bernalar Kritis
|
6 X
35 JP |
Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia 1945 |
Peserta didik
mampu mengidentifikasi aturan
di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar
tempat tinggal serta melaksanakannya dengan
bimbingan orang tua dan guru.
Peserta didik mampu
mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota
keluarga dan sebagai warga sekolah. Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga
dan sebagai warga sekolah. |
UNIT II |
1.1 Peserta didik dapat mengklasifikasikan norma
dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya. 1.2
Peserta
didik dapat memberikan contoh pelaksanaan norma di lingkungan sekitarnya. 1.3 Peserta didik dapat mengidentifikasi hak dan 1.4. Peserta didik dapat mengidentifikasi hak
dan kewajibannya sebagai anggota keluarga 1.5 Peserta
didik dapat merumuskan pendapat secara sistematis
dan logis. 1.7 Peserta didik dapat menganalisis pelaksanaan
|
Kreatif Bernalar Kritis Mandiri Tanggung Jawab
|
10
X 35 JP |
Bhinneka Tunggal
Ika |
Peserta didik mampu
menjelaskan identitas diri,
keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, minat, dan perilakunya. Peserta didik mampu
mengenali dan menyebutkan identitas
diri (fisik dan non-fisik) orang di lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu
menghargai perbedaan karakteristik baik fisik (contoh : warna
kulit, jenis rambut,
dll) maupun non fisik (contoh
: miskin, kaya,
dll) orang di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu
menghargai kebinekaan suku bangsa, sosial
budaya, dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika. |
UNIT III |
1.1 Peserta didik dapat mengenal dan mendalami
keragaman budaya
di lingkungan sekitar. 1.2
Peserta
didik dapat menghargai keberagaman melalui sikap mencintai sesama dan lingkungannya. 1.3 Peserta didik dapat memahami contoh sikap dan
perilaku yang menghargai
keberagaman budaya. 1.4 Peserta didik dapat menyampaikan contoh sikap
dan perilaku menjaga dan merusak kebhinnekaan.
|
Kreatif Bernalar Kritis Berkebhinnekaan Global Toleransi
|
8 X
35 JP |
Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk
keberagaman suku bangsa,
sosial budaya di lingkungan
sekitar. Peserta didik
mampu memahami lingkungan sekitar RT/
RW/ desa/ kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak
terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik
mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman suku bangsa,
sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. |
UNIT IV |
1.1 Peserta didik dapat menjelaskan makna Negara
Kesatuan Republik Indonesia 1.2 Peserta didik dapat mengidentifikasi
faktor-faktor yang
dapat memperkuat Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia 1.3 Peserta didik dapat menganalisis arti penting 1.4
Peserta
didik dapat memberi contoh sikap dan perilaku
yang menjaga lingkungan sekitar dalam upaya
menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 1.5
Peserta
didik dapat memberi contoh sikap dan perilaku
yang merusak lingkungan sekitar serta membahayakan
keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 1.6 Peserta didik dapat menunjukkan sikap bangga sebagai bangsa Indonesia.
|
Kreatif Bernalar Kritis Bertanggung Jawab |
16
X 35 JP |
Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk
keberagaman suku bangsa,
sosial budaya di lingkungan
sekitar. Peserta
didik mampu memahami lingkungan sekitar RT/
RW/ desa/ kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak
terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik
mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman suku bangsa,
sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. |
UNIT V |
1.1 Peserta didik dapat membangun tim dan
mengelola gotong
royong untuk mencapai tujuan bersama. 1.2 Peserta didik dapat memberikan contoh pelaksanaan gotong royong untuk mencapai tujuan bersama. 1.3 Peserta didik dapat mengidentifikasi
kebutuhan baik secara
individual maupun kolektif. 1.4 Peserta didik dapat memberikan contoh
kebutuhan baik secara
individual maupun kolektif. 1.5 Peserta didik dapat mengondisikan keadaan di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik. 1.6 Peserta didik dapat menunjukkan sikap dan
perilaku positif dalam
mengondisikan keadaan di lingkungan dan
masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik. 1.7 Peserta
didik dapat menganalisis hal yang dianggap penting dan berharga kepada orang-orang yang membutuhkan.
|
Kreatif Bernalar Kritis Mandiri Gotong Royong
|
10
X 35 JP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar