Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 03 Agustus 2022

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Fase B Kelas IV SD

 ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Fase B

Kelas IV SD

Pada fase ini, peserta didik dapat:

Memahami dan menjelaskan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari; menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat; mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru; mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah; dan melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

Menjelaskan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, minat, dan perilakunya; mengenali dan menyebutkan identitas diri (fisik dan non-fisik) orang di lingkungan sekitarnya; menghargai perbedaan karakteristik baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun non fisik (contoh : miskin, kaya, dll) orang di lingkungan sekitar; menghargai kebinekaan suku bangsa, sosial budaya, dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika; mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar; memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI; dan menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang     terikat persatuan dan kesatuan.

 

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

BAB/UNIT DALAM BUKU GURU

 TUJUAN PEMBELAJARAN

PROFIL PELAJAR PANCASILA

ALOKASI WAKTU

PANCASILA

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari  sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik.

Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

UNIT I

1.1 Peserta didik memiliki akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

1.2 Peserta didik memahami makna dan nilai-nilai Pancasila, serta proses perumusannya sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan ideologi negara.

1.3 Peserta didik dapat memberikan contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila

 

Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia

 

Kreatif

 

 

 

 

Bernalar Kritis

 

6 X 35 JP

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945

Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat  tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak  dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah. Peserta didik melaksanakan kewajiban   dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

UNIT II

1.1  Peserta didik dapat mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya.

1.2  Peserta didik dapat memberikan contoh pelaksanaan norma di lingkungan sekitarnya.

1.3 Peserta didik dapat mengidentifikasi hak dan
kewajibannya sebagai peserta didik.

1.4. Peserta didik dapat mengidentifikasi hak dan kewajibannya sebagai anggota keluarga

1.5 Peserta didik dapat merumuskan pendapat      secara sistematis dan logis.
1.6 Peserta didik dapat menunjukkan sikap dan perilaku positif apabila pendapatnya tidak diterima oleh orang lain.

1.7 Peserta didik dapat menganalisis pelaksanaan
musyawarah di lingkungannya

 

 

 

Kreatif

Bernalar Kritis

Mandiri

Tanggung Jawab

 

 

10 X 35 JP

Bhinneka Tunggal Ika

Peserta didik mampu menjelaskan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, minat, dan perilakunya. Peserta didik mampu mengenali dan menyebutkan identitas diri (fisik dan non-fisik) orang di lingkungan sekitarnya.

Peserta didik mampu menghargai perbedaan karakteristik baik fisik (contoh

: warna kulit, jenis rambut, dll) maupun non fisik (contoh : miskin, kaya, dll) orang di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu menghargai kebinekaan suku bangsa, sosial budaya, dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

UNIT III

1.1  Peserta didik dapat mengenal dan mendalami keragaman budaya di lingkungan sekitar.

1.2  Peserta didik dapat menghargai keberagaman melalui sikap mencintai sesama dan lingkungannya.

1.3 Peserta didik dapat memahami contoh sikap dan perilaku yang menghargai keberagaman budaya.

1.4 Peserta didik dapat menyampaikan contoh sikap dan perilaku menjaga dan merusak kebhinnekaan.

 

 

Kreatif

Bernalar Kritis

Berkebhinnekaan Global

Toleransi

 

8 X 35 JP

Negara Kesatuan Republik Indonesia

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar.

Peserta didik mampu memahami lingkungan   sekitar   RT/ RW/ desa/ kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa,  sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

UNIT IV

1.1  Peserta didik dapat menjelaskan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia

1.2  Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat memperkuat Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

1.3  Peserta didik dapat menganalisis arti penting
Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

1.4  Peserta didik dapat memberi contoh sikap dan perilaku yang menjaga lingkungan sekitar dalam upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

1.5  Peserta didik dapat memberi contoh sikap dan perilaku yang merusak lingkungan sekitar serta membahayakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

1.6 Peserta didik dapat menunjukkan sikap bangga sebagai bangsa Indonesia.

 

 

 

 

Kreatif

Bernalar Kritis

Bertanggung Jawab

16 X 35 JP

Negara Kesatuan Republik Indonesia

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar.

Peserta didik mampu memahami lingkungan   sekitar   RT/ RW/ desa/ kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa,  sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

UNIT V

1.1  Peserta didik dapat membangun tim dan mengelola gotong royong untuk mencapai tujuan bersama.

1.2  Peserta didik dapat memberikan contoh pelaksanaan gotong royong untuk mencapai tujuan bersama.

1.3  Peserta didik dapat mengidentifikasi kebutuhan baik secara individual maupun kolektif.

1.4  Peserta didik dapat memberikan contoh kebutuhan baik secara individual maupun kolektif.

1.5  Peserta didik dapat mengondisikan keadaan di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik.

1.6  Peserta didik dapat menunjukkan sikap dan perilaku positif dalam mengondisikan keadaan di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik.

1.7  Peserta didik dapat menganalisis hal yang dianggap penting dan berharga kepada orang-orang yang membutuhkan.

 

 

Kreatif

Bernalar Kritis

Mandiri

Gotong Royong

 

10 X 35 JP

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perangkat Kurikulum Merdeka