ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN FASE B KELAS 4 SD
ILMU PENGETAHUAN ALAM
DAN SOSIAL
Pada Fase B peserta didik mengidentifikasi keterkaitan antara
pengetahuan-pengetahuan yang baru saja diperoleh serta mencari tahu bagaimana
konsep-konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial berkaitan satu sama lain yang
ada di lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan peserta didik
terhadap materi yang sedang dipelajari ditunjukkan dengan menyelesaikan
tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya peserta didik
mengusulkan ide/menalar, melakukan investigasi/ penyelidikan/ percobaan,
mengomunikasikan, menyimpulkan, merefleksikan, mengaplikasikan dan melakukan
tindak lanjut dari proses inkuiri yang sudah dilakukannya
ELEMEN |
CAPAIAN
PEMBELAJARAN |
BAB/UNIT DALAM
BUKU GURU |
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
PROFIL PELAJAR
PANCASILA |
ALOKASI WAKTU |
Pemahaman
IPAS (sains dan sosial) |
Peserta
didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada
manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan
bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik
dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya
alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk
hidup. Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan
perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik
mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan
bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik,
bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan
sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap
arah, gerak dan bentuk benda. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus
air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. Di akhir fase ini,
peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga
sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di
sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam
bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. Peserta didik
mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya pada
peta konvensional/digital. Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman
hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya. Peserta
didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah (baik tokoh maupun
periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan
konteks kehidupan saat ini. Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan
dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang
digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup
sehari-hari. |
BAB 1 |
Tujuan Pembelajaran BAB 1 : 1. Mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan mendeskripsikan
fungsinya. 2. Mendeskripsikan proses fotosintesis dan mengaitkan pentingnya
proses ini bagi makhluk hidup.
Pengenalan Tema : 1. Peserta didik melakukan aktivitas yang berkaitan dengan tema
pembelajaran sebagai perkenalan. 2. Peserta didik mengetahui apa yang ingin dan akan dipelajari
di bab ini. 3. Peserta
didik membuat rencana belajar.
Topik A : Bagian Tumbuh – Tumbuhan 1. Peserta didik bisa mengidentifikasi bagian-bagian tubuh dari
tumbuhan. 2. Peserta didik memahami fungsi dari masing-masing bagian tubuh
tumbuhan.
Topik B : Fotosintesis,
Proses Paling Penting di Bumi 1. Peserta didik dapat memahami kebutuhan tumbuhan untuk
melakukan proses fotosintesis serta hasil dari fotosintesis. 2. Peserta didik dapat memahami dampak proses fotosintesis dan
mengaitkannya dengan pentingnya menjaga tumbuhan di Bumi. 3. Peserta didik dapat mengaitkan proses fotosintesis dengan
makhluk hidup lain.
Topik C : Perkembangbiakan
Tumbuhan 1. Peserta didik bisa mengidentifikasi bagianbagian bunga dan
fungsinya. 2. Peserta didik bisa mendeskripsikan cara perkembangbiakan
tumbuhan berbunga. 3. Peserta didik bisa mendeskripsikan macam-macam cara
penyebaran biji. 4. Peserta
didik bisa mengaitkan hubungan makhluk hidup lain dan komponen abiotik dalam
membantu perkembang biakan tumbuhan |
Beriman Bernalar
kritis |
2 JP
5 JP
8 JP
7 JP |
BAB 2 |
Tujuan Pembelajaran BAB 2 : 1. Mengenali materi dan karakteristiknya. 2. Mempelajari karakteristik wujud zat/materi.
Pengenalan Tema : 1. Peserta didik mengingat kembali hal-hal yang sudah diketahui
berkaitan dengan tema pembelajaran. 2. Peserta didik mengetahui apa yang ingin dan akan dipelajari
di bab ini. 3. Peserta didik membuat rencana belajar.
Topik A:
Zat, Makhluk apa itu? 1. Peserta didik mengenali materi dan karakteristiknya. 2. Peserta didik mempelajari karakteristik wujud zat/materi. 3. Peserta didik mencari tahu bagaimana perubahan wujud zat
terjadi.
Topik B:
Memangnya wujud materi seperti apa 1. Peserta didik mendeskripsikan karakteristik wujud zat padat,
cair dan gas. 2. Peserta didik dapat mengidentifikasi apakah suatu zat yang
ditemui dalam kehidupan sehari-hari merupakan zat padat, cair atau gas. 3. Peserta didik dapat membedakan karakteristik wujud zat padat,
cair dan gas.
Topik C:
Bagaimana Wujud Benda Berubah? 1. Peserta didik dapat mengindentifikasi perubahan wujud benda
yang terjadi. 2. Peserta didik dapat menjelaskan bagaimana perubahan wujud
benda dapat terjadi. |
Mandiri Bernalar
kritis |
2 JP
4 JP
8 JP
5 JP |
||
BAB 3 |
Tujuan Pembelajaraan BAB 3 : 1.
Mengidentifikasi ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari.
Pengenalan Tema : 1. Peserta didik mengingat kembali hal-hal yang sudah diketahui
berkaitan dengan tema pembelajaran. 2. Peserta didik mengetahui apa yang ingin dan akan dipelajari
di bab ini. 3. Peserta didik membuat rencana belajar.
Topik
A: Pengaruh Gaya di Sekitar Kita 1. Peserta
didik memahami konsep dasar gaya dan pengaruhnya terhadap benda. 2. Peserta
didik memahami konsep gaya gesek dan manfaatnya dalam kehidupan seharihari.
Topik
B: Magnet, Sebuah Benda yang Ajaib 1. Peserta
didik mengenal gaya magnet dan sifatnya. 2. Peserta
didik dapat mengidentifikasi tipe gaya yang dihasilkan dari benda magnetis. 3. Peserta
didik dapat mengetahui manfaat dan penerapan gaya magnet dalam aktivitas
seharihari.
Topik
D: Mengapa Kita Tidak Melayang di Udara 1. Peserta
didik dapat mengidentifikasi gaya gravitasi yang ada di Bumi serta
pengaruhnya terhadap bendabenda di Bumi. 2. Peserta didik dapat mengetahui manfaat dan penerapan gaya
gravitasi dalam aktivitas seharihari. |
Mandiri Bernalar
Kritis |
2 JP
6 JP
5 JP
4 JP
|
||
BAB 4 |
Tujuan Pembelajaran BAB 4 : 1. Mengidentifikasi ragam transformasi energi pada kehidupan
sehari-hari
Pengenalan Tema : 1. Peserta didik mengingat kembali hal-hal yang sudah diketahui
berkaitan dengan tema pembelajaran. 2. Peserta didik mengetahui apa yang ingin dan akan dipelajari
di bab ini. 3. Peserta didik membuat rencana belajar.
Topik A:
Perubahan Bentuk Energi di Sekitar Kita 1. Peserta didik memahami konsep kekekalan energi. 2. Peserta didik dapat mengidentifikasi perubahan bentuk energi
di sekitarnya berdasarkan pengamatan.
Topik B:
Energi yang Tersimpan 1. Peserta didik dapat mengidentifikasi macammacam energi potensial
berdasarkan percobaan sederhana. 2. Peserta didik dapat membuat simulasi sederhana alat yang
menggunakan energi potensial.
Topik C :
Energi yang Bergerak 1. Peserta didik dapat mengidentifikasi macammacam bentuk energi
yang termasuk dalam energi kinetik. 2. Peserta didik dapat memahami hubungan energi kinetik pada
energi cahaya, panas, bunyi, dan listrik. |
Bernalar
kritis |
2 JP
6 JP
6 JP
6 JP |
||
BAB 5 |
Tujuan Pembelajaran BAB 5 : 1. Menceritakan perkembangan sejarah daerah tempat tinggal. 2. Mengidentifikasi dan menunjukkan kekayaan alam yang ada di
daerah tempat tinggal.
Pengenalan Tema : 1. Peserta didik mengingat kembali hal-hal yang sudah diketahui
berkaitan dengan tema pembelajaran. 2. Peserta didik mengetahui apa yang ingin dan akan dipelajari
di bab ini. 3. Peserta didik membuat rencana belajar.
Topik A:
Seperti Apa Daerah Tempat Tinggalku Dahulu? 1. Peserta didik dapat menyebutkan kerajaan yang pernah
berkembang di daerah tempat tinggalnya. 2. Peserta didik dapat menceritakan awal mula daerah dan
tokoh-tokoh lokal yang berperan penting dalam perkembangan daerah tempat
tinggalnya. 3. Peserta didik dapat menyebutkan sikap baik yang dapat
diteladani dari tokoh daerah tempat tinggalnya. 4. Peserta didik membandingkan kondisi daerah tempat tinggalnya
dahulu dan kini. 5. Peserta didik menjelaskan pentingnya menjaga peninggalan
sejarah daerah tempat tinggalnya.
Topik B:
Daerahku dan Kekayaan Alamnya 1. Peserta didik dapat menyebutkan kekayaan alam yang ada di
daerah tempat tinggalnya. 2. Peserta didik dapat mengorelasikan pengaruh geografis dengan
kekayaan alam di daerah tempat tinggalnya. 3. Peserta didik dapat menyebutkan cara yang bijak untuk
memanfaatkan kekayaan alam di daerah tempat tinggalnya.
Topik C:
Masyarakat di Daerahku 1. Peserta didik dapat menunjukkan perbedaan kehidupan
masyarakat di daerah tempat tinggalnya dahulu dan kini. 2. Peserta didik dapat mengorelasikan pengaruh geografis dengan
mata pencaharian dominan yang ada di daerah tempat tinggalnya. 3. Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak dari kehadiran
masyarakat pendatang. 4. Peserta didik dapat menyebutkan sikap terbaik untuk
menghadapi dampak kehadiran masyarakat pendatang |
Berkebhinekaan
Global Bernalar
kritis |
2 JP
5 JP
7 JP
7 JP |
||
BAB 6 |
Tujuan Pembelajaran BAB 6 : 1. Mendeskripsikan keragaman budaya dan kearifan lokal di
daerahnya masingmasing.
Pengenalan Tema : 1. Peserta didik mengingat kembali hal-hal yang sudah diketahui
berkaitan dengan tema pembelajaran. 2. Peserta didik mengetahui apa yang ingin dan akan dipelajari
di bab ini. 3. Peserta didik membuat rencana belajar.
Topik A:
Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku 1. Peserta didik dapat mendeskripsikan keragaman budaya dan
kearifan lokal daerahnya masing-masing. 2. Peserta didik dapat mengetahui cara melestarikan warisan
budaya. 3. Peserta didik dapat mengetahui manfaat warisan budaya dan
kearifan lokal di lingkungannya
Topik B:
Kekayaan Budaya Indonesia 1. Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai keragaman
budaya yang ada di Indonesia. 2. Peserta didik dapat mengetahui faktor yang menyebabkan
keberagaman di Indonesia. 3. Peserta didik dapat menerapkan sikap menghargai keberagaman
di lingkungannya. Topik C:
Manfaat Keberagaman dan Melestarikan Keberagaman Budaya 1. Peserta didik dapat mendeskripsikan manfaat keragaman budaya
di Indonesia. 2. Peserta didik dapat mendeskripsikan dan menerapkan cara
melestarikan kebudayaan Indonesia. |
Berkebhinekaan
Global |
2 JP
6 JP
8 JP
7 JP |
||
BAB 7 |
Tujuan Pembelajaran BAB 7 : 1. Mengenal
cara mendapatkan barang kebutuhan. 2.
Mengaitkan pemahaman terhadap kebutuhan dan keinginan dengan nilai guna
barang dan skala prioritas. 3. Mengenal
nilai uang sebagai alat tukar dalam jual beli.
Pengenalan Tema : 1. Peserta didik mengingat kembali hal-hal yang sudah diketahui
berkaitan dengan tema pembelajaran. 2. Peserta didik mengetahui apa yang ingin dan akan dipelajari
di bab ini. 3. Peserta didik membuat rencana belajar.
Topik
A: Aku dan Kebutuhanku 1. Peserta
didik dapat mengidentifikasi jenis kebutuhan berdasarkan kepentingan. 2. Peserta
didik dapat mendeskripsikan perbedaan antara kebutuhan dengan keinginan. 3. Peserta
didik dapat mengategorikan kebutuhan hidupnya dengan membuat tabel skala
prioritas.
Topik
B: Bagaimana Aku Memenuhi Kebutuhanku 1. Peserta
didik dapat mendemonstrasikan pemenuhan kebutuhan masa sebelum uang
ditemukan. 2. Peserta
didik dapat mengidentifikasi syarat terjadinya pertukaran barang kebutuhan
melalui kegiatan bermain peran. 3. Peserta didik mengetahui nilai dan fungsi uang dalam kegiatan
ekonomi manusia. 4. Peserta didik mengetahui jenis uang yang digunakan dalam
kegiatan jual beli.
Topik C: Kegiatan Jual Beli Sebagai
Salah satu Cara Pemenuhan Kebutuhan 1.
Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri terjadinya jual beli. 2.
Peserta didik dapat mengidentifikasi aktivitas ekonomi yang terjadi pada
kegiatan jual beli. 3.
Peserta didik dapat memahami proses terjadinya kegiatan ekonomi dalam
kegiatan jual beli. 4.
Peserta didik dapat menentukan peran produsen, distributor, dan konsumen
dalam alur kegiatan ekonomi.
|
Bergotong
royong Mandiri Bernalar
kritis |
2 JP
6 JP
6 JP
6 JP |
||
BAB 8 |
Tujuan Pembelajaran BAB 8 : 1.
Mempelajari apa itu norma dan adat istiadat. 2.
Membedakan peraturan tertulis dan tidak tertulis. 3. Mengidentifikasi norma dan pentingnya norma di dalam
lingkungan masyarakat.
Pengenalan Tema : 1. Peserta didik mengingat kembali hal-hal yang sudah diketahui
berkaitan dengan tema pembelajaran. 2. Peserta didik mengetahui apa yang ingin dan akan dipelajari
di bab ini. 3. Peserta
didik membuat rencana belajar
Topik
A: Norma dan Adat Istiadat di Daerahku 1. Peserta
didik dapat mengidentifikasi definisi norma. 2. Peserta
didik dapat mengidentifikasi definisi adat istiadat. 3. Peserta
didik dapat mengidentifikasi norma atau adat istiadat yang berlaku di
sekitarnya.
Topik
B: Kini Aku menjadi Lebih Tertib! 1. Peserta
didik dapat membedakan peraturan tertulis dan tidak tertulis. 2. Peserta
didik dapat menganalisis perlunya mematuhi peraturan. 3. Peserta
didik dapat mendemonstrasikan contoh norma dan
pelanggaran norma di suatu tempat.
Topik
C: Awas! Kita Bisa Dihukum 1. Peserta
didik dapat menganalisis dampak dari sebuah pelanggaran peraturan tertulis
dan tidak tertulis. 2. Peserta
didik dapat menganalisis manfaat menaati peraturan. 3. Peserta
didik dapat membuat mengampanyekan pentingnya menaati peraturan. |
Berkebhinekaan
Global Mandiri Bernalar
kritis |
2 JP
6 JP
6 JP
7 JP |
||
Keterampilan Proses |
1.
Mengamati Di akhir
fase ini, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana
dengan menggunakan pancaindra dan dapat mencatat hasil pengamatannya. 2.
Mempertanyakan dan memprediksi Dengan
menggunakan panduan, peserta didik mengidentifikasi pertanyaan yang dapat
diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksi berdasarkan pengetahuan yang
dimiliki sebelumnya. 3.
Merencanakan dan melakukan penyelidikan Dengan
panduan, peserta didik membuat rencana dan melakukan langkah-langkah
operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Menggunakan alat dan
bahan yang sesuai dengan mengutamakan keselamatan. Peserta didik menggunakan
alat bantu pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat. 4.
Memproses, menganalisis data dan informasi Mengorganisasikan
data dalam bentuk tabel dan grafik sederhana untuk menyajikan data dan
mengidentifikasi pola. Peserta didik membandingkan antara hasil pengamatan |
BAB 1 |
Tujuan Pembelajaran BAB 1 : 1. Membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana
tentang siklus hidup tumbuhan
Proyek Pembelajaran : 1. Peserta didik bisa membuat bagan siklus hidup tumbuhan
berdasarkan hasil pengamatan dan praktik. 2. Peserta didik dapat merawat tumbuhan sampai tumbuh dengan
baik. 3. Peserta didik mengenal data sebagai sumber informasi dan cara
untuk membuktikan sesuatu |
Bernalar
kritis
|
5 JP |
BAB 2 |
Tujuan Pembelajaran BAB 2 : 1. Mempelajari bagaimana perubahan wujud zat terjadi.
Proyek Belajar : Peserta
didik mendemonstrasikan proses per-ubahan
wujud zat dan mendeskripsikan energi yang terlibat dalam bentuk diagram
sederhana. |
Mandiri Bernalar
kritis |
5 JP |
||
BAB 3 |
Tujuan
Pembelajaran BAB 3 2.
Memanfaatkan gaya tersebut untuk membantu manusia mengatasi tantangan dalam
kehidupan sehari-hari
Proyek Pembelajaran : Peserta
didik dapat membuat sebuah produk dengan memanfaatkan sifat gaya. |
Bernalar
kritis |
27 JP |
||
BAB 4 |
Tujuan Pembelajaran BAB 4 : 2. Membuat simulasi transformasi energi menggunakan bagan/alat
bantu sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Proyek
Pembelajaran : 1. Peserta didik dapat membuat simulasi alat sederhana melalui
pembuatan alat yang memanfaatkan transformasi energi. 2. Peserta didik dapat mengomunikasikan hasil karyanya kepada
teman sebayanya. |
Kreatif Bernalar
kritis |
7 JP |
||
BAB 5 |
Tujuan Pembelajaran BAB 5 : 3. Menelaah pengaruh perkembangan daerah terhadap kehidupan
perekonomian masyarakat di daerah tempat tinggal. Proyek
Pembelajaran : 1. Peserta didik dapat melakukan pencarian informasi dengan
berbagai cara (wawancara, studi literatur) untuk mendapatkan data. 2. Peserta didik merancang sebuah bentuk infografis dengan
menggunakan berbagai media untuk menginformasikan cerita daerahnya kepada
masyarakat sekitar. |
Kreatif Bernalar
kritis |
6 JP |
||
BAB 6 |
Tujuan Pembelajaran BAB 6 : 2. Mengetahui manfaat dan pelestarian keragaman budaya di
Indonesia
Proyek
Pembelajaran : 1. Peserta didik dapat mengenal dan melestarikan kebudayaan
Indonesia melalui kegiatan parade kebudayaan. 2. Peserta didik dapat bekerja sama, berkolaborasi, serta
meningkatkan kreatifitasnya melalui kegiatan proyek. |
Mandiri Bernalar
kritis |
5 JP |
||
BAB 7 |
Tujuan Pembelajaran BAB 7 : 4.
Menjelaskan alur kegiatan ekonomi dalam kegiatan jual beli sebagai salah
pemenuhan kebutuhan manusia
Proyek Pembelajaran : Peserta
didik dapat melakukan praktik jual beli |
Berkebhinekaan
Global Bernalar
kritis |
9 JP |
||
BAB 8 |
Tujuan Pembelajaran BAB 8 : Peserta didik dapat menginformasikan pentingnya menaati
peraturan melalui poster |
Berkebhinekaan
Global Bernalar
kritis |
6 JP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar