ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN SENI RUPA
1.
Fase B (Kelas III dan IV SD/MI/Program Paket A)
Di akhir fase B,
peserta didik mampu menuangkan pengalamannya secara visual sebagai ungkapan
ekspresi kreatif dengan rinci walaupun hasilnya belum menunjukkan proporsi yang
optimal. Diharapkan pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengenal dan dapat
menggunakan keterampilan atau pengetahuan dasar tentang unsur rupa garis,
bentuk, tekstur
ruang, dan warna
dengan bahan, alat, dan prosedur yang dipilih dalam menciptakan karya 2 dan 3
dimensi
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
BAB/UNIT DALAM BUKU GURU |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
ALOKASI WAKTU |
|
Mengalami
Merefleksikan
Berdampak
|
Peserta didik mampu mengamati,
mengenal, merekam dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual
dengan menggunakan garis pijak dan proporsi walaupun masih berdasarkan
penglihatan sendiri. Peserta didik mengenali dan dapat
menggunakan alat, bahan dan prosedur dasar dalam menggambar, mewarnai,
membentuk, memotong, dan merekat.
Peserta didik mampu mengenali dan
menceritakan fokus dari karya yang diciptakan atau dilihatnya (dari teman
sekelas karya seni dari orang lain atau era atau budaya tertentu) serta
pengalaman dan perasaannya mengenai karya tersebut.
Peserta didik
mampu menciptakan karya sendiri yang sesuai dengan perasaan, minat atau
konteks lingkungannya. |
UNIT I Menggambar
Rumah Tetangga |
1. Siswa
dapat mengenal lingkungan sosial dan fisik (arsitektur rumah) sekitar
(tetangga) 2.
Siswa dapat memahami kehidupan dan rumah para tetangga 3.
Siswa dapat memilih salah satu rumah yang paling dikenali dan dianggap paling menarik sebagai objek gambar/lukis 4.
Siswa dapat membuat gambar rumah tetangga yang telah dipilih berdasarkan
prinsip seni rupa (sketsa, warna dan perspektif) |
|
2 x 35 menit |
|
|
|
|||||
Mengalami
|
A.1 Mengalami,
merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya
seni rupa dari berbagai budaya dan era A.2 Mengamati,
merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa |
UNIT II Daur
Ulang: Kerajinan dari Plastik Bekas |
1. Siswa dapat menganalisis
masalah sampah plastik dalam kelestarian lingkungan sekitar 2. Siswa dapat
memilih dua bahan dari sampah plastik untuk dimanfaatkan dalam pembuatan seni
kriya 3. Siswa dapat
merancang seni kriya berdasarkan bahan sampah plastik yang telah dimilikinya 4. Siswa dapat
membuat satu karya seni kerajinan dengan memanfaatkan sampah plastik |
1.
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia 2.
Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa •
Akhlak Kepada Alam: Memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan alam
sekitar. 3.
Bergotong-Royong 4.
Kolaborasi: Bekerja sama dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan bersama,
membantu teman sekelas. • 5.
Bernalar Kritis 6.
Memperoleh dan Memproses Informasi dan Gagasan: Menunjukkan rasa ingin tahu
dan dapat bertanya untuk membantu pemahaman dalam seni. |
4 x 35 jp. |
|
Merefleksikan
|
R.1. Menghargai
pengalaman dan pembelajaran artistik
|
|||||
Berdampak
|
D.1 Memilih,
menganalisa, menghasilkan karya untuk membangun kepribadian dan karakter yang
berdampak pada diri sendiri dan orang lain |
|||||
Mengalami
|
A.1 Mengalami,
merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya
seni rupa dari berbagai budaya dan era A.2 Mengamati,
merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa |
UNIT III Bereksperimen
Dengan Tekstur |
1. Siswa dapat
memahami pengertian dan jenis-jenis tekstur 2. Siswa dapat
mengetahui bahan-bahan alami untuk membuat tekstur 3. Siswa dapat
mengetahui teknik pembuatan tekstur 4. Siswa dapat
merancang sebuah tekstur berdasarkan ide, pengetahuan, bahan dan teknik yang
dipelajari 5. Siswa dapat membuat
tekstur sesuai rancangan yang dibuat |
•
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia •
Akhlak Beragama:Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa •
Akhlak Kepada Alam: Memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan alam
sekitar. •
Berkebinenkaan Global •
Komunikasi dan interaksi antar budaya: Berkomunikasi dengan budaya yang
berbeda dari dirinya dengan memperhatikan, memahami, menerima keberadaan,
dan menghargai keunikan masing-masing budaya. |
2 x 35 menit |
|
Mereflek sikan |
R.1. Menghargai
pengalaman dan pembelajaran artistik
|
|||||
Berdampak
|
D.1 Memilih,
menganalisa, menghasilkan karya untuk membangun kepribadian dan karakter yang
berdampak pada diri sendiri dan orang lain |
|||||
Mengalami
Berpikir dan Bekerja
Artistik
Merefleksikan
Berdampak
|
A.1 Mengalami,
merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya
seni rupa dari berbagai budaya dan era A.2 Mengamati,
merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa A.1 Menghasilkan,
mengembangkan, menciptakan, mereka ulang/
merekonstruksi dan
mengkomunikasikan ide dengan menggunakan dan menghubungkan hasil
proses Mengalami, Menciptakan dan Merefleksikan
R.1 Menghargai
pengalaman dan pembelajaran artistik
D.1 Memilih,
menganalisa, menghasilkan karya untuk membangun kepribadian dan karakter yang
berdampak pada diri sendiri dan orang lain |
UNIT IV Membuat
Bendera Hias |
1. Siswa dapat
mengidentifikasi dan mengklasifikasi bendera berdasarkan bentuk
dan fungsinya 2. Siswa dapat
membangun ide dan rancangan sebuah bendera hias 3. Siswa dapat
membuat bendera sebagai gambaran dari suatu hal (jati
diri, cita-cita atau suasana hati) 4. Siswa dapat
menjelaskan tentang bendera hias ciptaannya |
Beriman,
Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia •
Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa •
Akhlak Kepada Manusia: Menghargai perbedaan dan mengutamakan persamaan dan
kemanusiaan. •
Berkebinekaan Global •
Mengenal dan Menghargai Budaya: Dapat mendeskripsikan pembentukan identitas
diri saya dan kelompok. Mengenali, mengidentifikasi, dan mendeskripsikan
berbagai macam budaya dan karya seninya di tingkat lokal, regional, nasional,
dan global. •
Mandiri •
Pemahaman Diri dan Situasi : Percaya diri dalam mengekspresikan ide saya melalui
seni, berkarya dengan antusias, fokus dan dengan bekerja keras. •
Regulasi Diri: dapat bersabar, karena saya memahami bahwa karya seni yang
berkualitas memerlukan waktu untuk menyelesaikannya, dapat menyelesaikan tugas-tugas
dalam waktu yang telah disepakati. |
2 x 35 menit |
|
Mengalami
Berpikir dan
Bekerja Artistik
Merefleksikan
Berdampak
|
A.1 Mengalami,
merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya
seni rupa dari berbagai budaya dan era A.2 Mengamati,
merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa
A.1 Menghasilkan,
mengembangkan, menciptakan, mereka ulang/ merekonstruksi dan
mengkomunikasikan ide dengan menggunakan dan menghubungkan hasil proses
Mengalami, Menciptakan dan Merefleksikan
R.1 Menghargai
pengalaman dan pembelajaran artistik
D.1 Memilih,
menganalisa, menghasilkan karya untuk membangun kepribadian dan karakter yang
berdampak pada diri sendiri dan orang lain |
UNIT V Seni
Dekoratif: Menggambar Taplak Meja dan Teralis |
1. Siswa mengenal
ragam hias dekoratif budaya Nusantara 2. Siswa mengetahui
jenis-jenis ragam dekoratif Nusantara 3. Siswa dapat
membuat ragam hias dekoratif secara sederhana 4. Siswa dapat
lebih mencintai tradisi lokal khas Indonesia |
•
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia •
Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa •
Akhlak Kepada Alam: Memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan alam
sekitar •
Bernalar Kritis •
Memperoleh dan Memproses Informasi dan Gagasan: Menunjukkan rasa ingin tahu
dan dapat bertanya untuk membantu pemahaman dalam seni. •
Mandiri •
Pemahaman Diri dan Situasi: Berkarya dengan antusias, fokus dan dengan
bekerja keras, mencoba bereksperimen, tetap positif, meskipun kadang saya
mengalami kesulitan saat berkarya. •
Regulasi Diri: Dapat bersabar, karena saya memahami bahwa karya seni yang
berkualitas memerlukan waktu untuk menyelesaikannya, dapat menyelesaikan
tugas-tugas dalam waktu yang telah disepakati. |
2 x 35 menit |
|
Mengalami
Merefleksikan
Berdampak
|
A.1 Mengalami,
merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya
seni rupa dari berbagai budaya dan era A.2 Mengamati,
merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa
R.1 Menghargai
pengalaman dan pembelajaran artistik
D.1 Memilih,
menganalisa, menghasilkan karya untuk membangun kepribadian dan karakter yang
berdampak pada diri sendiri dan orang lain |
UNIT VI Membuat
Stempel dari Kentang dan Ketela |
1. Siswa mengenal
dan memahami seni cetak; pengertian, jenis-jenis dan
bahan 2. Siswa bereksperimen
seni cetak secara sederhana dari kentang dan ketela 3. Siswa mendapat
wawasan tentang hubungan seni cetak dengan persebaran
ilmu pengetahuan melalui penerbitan 4. Siswa dapat
memupuk rasa cinta pada seni dan sains |
Beriman,
Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia •
Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa •
Akhlak Kepada Alam: Memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan alam
sekitar. •
Bernalar Kritis •
Memperoleh dan Memproses Informasi dan Gagasan: Menunjukkan rasa ingin tahu
dan dapat bertanya untuk membantu pemahaman dalam seni. •
Mandiri •
Pemahaman diri dan situasi : Mencoba bereksperimen dengan bahan yang berbeda,
tetap positif, meskipun kadang saya mengalami kesulitan saat berkarya. |
2 x 35 menit
|
|
Mengalami
Merefleksikan
Berdampak
|
A.1 Mengalami,
merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya
seni rupa dari berbagai budaya dan era A.2 Mengamati,
merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa
R.1 Menghargai
pengalaman dan pembelajaran artistik
D.1 Memilih,
menganalisa, menghasilkan karya untuk membangun kepribadian dan karakter yang
berdampak pada diri sendiri dan orang lain |
UNIT VII Komik
Sederhana Tentang Sahabat dan Keluarga |
1. Siswa diajak
memahami masalah sampah dan lingkungan 2. Siswa dilatih
peduli dengan masalah lingkungan dalam bentuk respon yang
kreatif 3. Siswa berlatih
dilatih membuat desain (merancang) produk dari sampah plasti
berdasarkan prinsip desain yang baik (baca di bagian
bawah) |
•
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia •
Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa •
Akhlak Kepada Alam: Memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan alam
sekitar. •
Bernalar Kritis •
Memperoleh dan Memproses Informasi dan Gagasan: Menunjukkan rasa ingin tahu
dan dapat bertanya untuk membantu pemahaman dalam seni. •
Berkebinekaan Global •
Komunikasi dan Interaksi antar Budaya: Berkomunikasi dengan budaya yang
berbeda dari dirinya dengan memperhatikan, memahami, menerima keberadaan, dan
menghargai keunikan masing-masing budaya. |
2 x 35 menit |
|
Mengalami
Merefleksikan
|
A.1 Mengalami,
merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya
seni rupa dari berbagai budaya dan era A.2 Mengamati,
merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa
R.1 Menghargai
pengalaman dan pembelajaran artistik |
UNIT VIII |
1. Siswa diajak memahami
masalah sampah dan lingkungan 2. Siswa dilatih
peduli dengan masalah lingkungan dalam bentuk respon yang kreatif 3. Siswa berlatih
dilatih membuat desain (merancang) produk dari sampah plasti berdasarkan
prinsip desain yang baik (baca di bagian bawah) |
•
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia •
Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa •
Akhlak Kepada Manusia: Menghargai perbedaan dan mengutamakan persamaan dan
kemanusiaan •
Kreatif: Menghasilkan karya dan tindakan yang original: Dapat menghubungkan
gagasan-gagasan yang ada dalam merespon dan membuat karya seni, dapat
mengaplikasikan ide baru sesuai dengan konteksnya untuk mengatasi persoalan •
Mandiri •
Regulasi Diri: Percaya diri dalam mengekspresikan ide saya melalui seni,
berkarya dengan antusias, fokus dan dengan bekerja keras, saya mengenali dan
menggunakan minat saya sebagai sumber inspirasi karya seni saya. |
2 x 35 menit |
|
Mengalami
Merefleksikan
|
A.1 Mengalami,
merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya
seni rupa dari berbagai budaya dan era A.3 Mengamati,
merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa
R.1 Menghargai
pengalaman dan pembelajaran artistik |
UNIT IX |
1. Siswa dapat
memahami desain layang-layang 2. Siswa mengerti
unsur sains dalam layang-layang 3. Siswa dapat
merancang layang-layang 4. Siswa dapat
menggambar/melukis/menghias layang-layang 5. Siswa dapat
mengoperasikan layang-layang |
Beriman,
Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia •
Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa •
Akhlak kepada manusia: Menghargai perbedaan dan mengutamakan persamaan dan
kemanusiaan. •
Berkebinekaan Global •
Komunikasi dan Interaksi antar Budaya: Berkomunikasi dengan budaya yang
berbeda dari dirinya dengan memperhatikan, memahami, menerima keberadaan, dan
menghargai keunikan masing-masing budaya. •
Mandiri •
Regulasi Diri: Percaya diri dalam mengekspresikan ide saya melalui seni,
berkarya dengan antusias, fokus dan dengan bekerja keras, saya mengenali dan
menggunakan minat saya sebagai sumber inspirasi karya seni saya. |
2 x 35 menit |
|
Mengalami
Merefleksikan
Berdampak
|
A.1 Mengalami,
merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya
seni rupa dari berbagai budaya dan era A.2 Mengamati,
merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa
R.1 Menghargai
pengalaman dan pembelajaran artistik
D.1 Memilih,
menganalisa, menghasilkan karya untuk membangun kepribadian dan karakter yang
berdampak pada diri sendiri dan orang lain |
UNIT X |
1. Siswa dapat
memahami bentuk dan fungsi dasar/sederhana wayang 2. Siswa dapat
mengidentifikasi hubungan wayang dengan seni rupa dan seni dan tradisi 3. Siswa dapat
membuat tokoh wayang versinya sendiri 4. Siswa dapat
menjelaskan wayangnya dan memainkannya secara mandiri atau berkelompok |
•
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia •
Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa •
Akhlak Kepada Alam: Memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan alam
sekitar. •
Bergotong-Royong •
Kolaborasi: Bekerja sama dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan bersama,
membantu teman sekelas. •
Bernalar Kritis •
Memperoleh dan Memproses Informasi dan Gagasan: Menunjukkan rasa ingin tahu
dan dapat bertanya untuk membantu pemahaman dalam seni. •
Berkebinekaan Global •
Komunikasi dan Interaksi antar Budaya: Berkomunikasi dengan budaya yang
berbeda dari dirinya dengan memperhatikan, memahami, menerima keberadaan,
dan menghargai keunikan masing-masing budaya |
4 x 35 menit |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar