Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 03 Agustus 2022

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN SENI RUPA Fase B (Kelas III dan IV SD/MI/Program Paket A)

 ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN SENI RUPA

1.         Fase B (Kelas III dan IV SD/MI/Program Paket A)

Di akhir fase B, peserta didik mampu menuangkan pengalamannya secara visual sebagai ungkapan ekspresi kreatif dengan rinci walaupun hasilnya belum menunjukkan proporsi yang optimal. Diharapkan pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengenal dan dapat menggunakan keterampilan atau pengetahuan dasar tentang unsur rupa garis, bentuk, tekstur


ruang, dan warna dengan bahan, alat, dan prosedur yang dipilih dalam menciptakan karya 2 dan 3 dimensi



 

 

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

BAB/UNIT DALAM BUKU GURU

TUJUAN PEMBELAJARAN

PROFIL PELAJAR PANCASILA

ALOKASI WAKTU

 

Mengalami

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Merefleksikan

 

 

 

 

Berdampak

 

 

Peserta didik mampu mengamati, mengenal, merekam dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan menggunakan garis pijak dan proporsi walaupun masih berdasarkan penglihatan sendiri.

Peserta didik mengenali dan dapat menggunakan alat, bahan dan prosedur dasar dalam menggambar, mewarnai, membentuk, memotong, dan merekat.

 

 

Peserta didik mampu mengenali dan menceritakan fokus dari karya yang diciptakan atau dilihatnya (dari teman sekelas karya seni dari orang lain atau era atau budaya tertentu) serta pengalaman dan perasaannya mengenai karya tersebut.

 

 

Peserta didik mampu menciptakan karya sendiri yang sesuai dengan perasaan, minat atau konteks lingkungannya.

UNIT I

Menggambar Rumah Tetangga

1. Siswa dapat mengenal lingkungan sosial dan fisik (arsitektur rumah) sekitar (tetangga)

2. Siswa dapat memahami kehidupan dan rumah para tetangga

3. Siswa dapat memilih salah satu rumah yang paling dikenali dan dianggap paling menarik sebagai objek gambar/lukis

4. Siswa dapat membuat gambar rumah tetangga yang telah dipilih berdasarkan prinsip seni rupa (sketsa, warna dan perspektif)

  1. Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
  2. Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
  3. Akhlak kepada manusia: Menghargai perbedaan dan mengutamakan persamaan dan kemanusiaan.
  4. Berkebinenkaan Global
  5. .Komunikasi dan Interaksi antar udaya: Berkomunikasi dengan budaya yang berbeda dari dirinya dengan memperhatikan, memahami, menerima keberadaan, dan menghargai keunikan masing-masing budaya.
  6. Bergotong-Royong
  7. Kolaborasi: Bekerja sama dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan bersama, membantu teman sekelas.
  8. Bernalar Kritis
  9. Memperoleh dan Memproses Informasi Dan Gagasan: Menunjukkan rasa ingin tahu dan dapat bertanya untuk membantu pemahaman dalam seni

2 x 35 menit

 

 

Mengalami

 

 

 

 

 

 

 

 

A.1 Mengalami, merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya dan era

A.2 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa

UNIT II

Daur Ulang: Kerajinan dari Plastik Bekas

1. Siswa dapat menganalisis masalah sampah plastik dalam kelestarian lingkungan sekitar

2. Siswa dapat memilih dua bahan dari sampah plastik untuk dimanfaatkan dalam pembuatan seni kriya

3. Siswa dapat merancang seni kriya berdasarkan bahan sampah plastik yang telah dimilikinya

4. Siswa dapat membuat satu karya seni kerajinan dengan memanfaatkan sampah plastik

1. Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

2. Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa • Akhlak Kepada Alam: Memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan alam sekitar.

3. Bergotong-Royong

4. Kolaborasi: Bekerja sama dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan bersama, membantu teman sekelas. •

5. Bernalar Kritis

6. Memperoleh dan Memproses Informasi dan Gagasan: Menunjukkan rasa ingin tahu dan dapat bertanya untuk membantu pemahaman dalam seni.

4 x 35 jp.

Merefleksikan

 

R.1. Menghargai pengalaman dan pembelajaran artistik

 

 

Berdampak

 

 

 

D.1 Memilih, menganalisa, menghasilkan karya untuk membangun kepribadian

dan karakter yang berdampak pada diri sendiri dan orang lain

Mengalami

 

 

 

 

 

 

 

 

A.1 Mengalami, merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya dan era

A.2 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa

UNIT III

Bereksperimen Dengan Tekstur

1. Siswa dapat memahami pengertian dan jenis-jenis tekstur

2. Siswa dapat mengetahui bahan-bahan alami untuk membuat tekstur

3. Siswa dapat mengetahui teknik pembuatan tekstur

4. Siswa dapat merancang sebuah tekstur berdasarkan ide, pengetahuan, bahan

dan teknik yang dipelajari

5. Siswa dapat membuat tekstur sesuai rancangan yang dibuat

• Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

• Akhlak Beragama:Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

• Akhlak Kepada Alam: Memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan alam sekitar.

• Berkebinenkaan Global

• Komunikasi dan interaksi antar budaya: Berkomunikasi dengan budaya yang berbeda dari dirinya dengan memperhatikan, memahami, menerima

keberadaan, dan menghargai keunikan masing-masing budaya.

2 x 35 menit

 

 

Mereflek sikan

 

R.1. Menghargai pengalaman dan pembelajaran artistik

 

 

 

Berdampak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.1 Memilih, menganalisa, menghasilkan karya untuk membangun kepribadian

dan karakter yang berdampak pada diri sendiri dan orang lain

Mengalami

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir dan Bekerja Artistik

 

 

 

Merefleksikan

 

 

Berdampak

 

 

 

A.1 Mengalami, merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya dan era

A.2 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa

A.1 Menghasilkan, mengembangkan, menciptakan, mereka ulang/

 

merekonstruksi dan mengkomunikasikan ide dengan menggunakan dan

menghubungkan hasil proses Mengalami, Menciptakan dan Merefleksikan

 

R.1 Menghargai pengalaman dan pembelajaran artistik

 

D.1 Memilih, menganalisa, menghasilkan karya untuk membangun kepribadian

dan karakter yang berdampak pada diri sendiri dan orang lain

UNIT IV

Membuat Bendera Hias

1. Siswa dapat mengidentifikasi dan mengklasifikasi bendera

berdasarkan bentuk dan fungsinya

2. Siswa dapat membangun ide dan rancangan sebuah

bendera hias

3. Siswa dapat membuat bendera sebagai gambaran dari

suatu hal (jati diri, cita-cita atau suasana hati)

4. Siswa dapat menjelaskan tentang bendera hias ciptaannya

Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

• Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

• Akhlak Kepada Manusia: Menghargai perbedaan dan mengutamakan persamaan dan kemanusiaan.

• Berkebinekaan Global

• Mengenal dan Menghargai Budaya: Dapat mendeskripsikan pembentukan identitas diri saya dan kelompok. Mengenali, mengidentifikasi, dan mendeskripsikan berbagai macam budaya dan karya seninya di tingkat lokal, regional, nasional, dan global.

• Mandiri

• Pemahaman Diri dan Situasi : Percaya diri dalam mengekspresikan ide saya

melalui seni, berkarya dengan antusias, fokus dan dengan bekerja keras.

• Regulasi Diri: dapat bersabar, karena saya memahami bahwa karya seni yang berkualitas memerlukan waktu untuk menyelesaikannya, dapat menyelesaikan tugas-tugas dalam waktu yang telah disepakati.

2 x 35 menit

Mengalami

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir dan Bekerja Artistik

 

 

 

Merefleksikan

 

 

Berdampak

 

 

A.1 Mengalami, merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya dan era

A.2 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa

 

A.1 Menghasilkan, mengembangkan, menciptakan, mereka ulang/ merekonstruksi dan mengkomunikasikan ide dengan menggunakan dan menghubungkan hasil proses Mengalami, Menciptakan dan Merefleksikan

 

R.1 Menghargai pengalaman dan pembelajaran artistik

 

D.1 Memilih, menganalisa, menghasilkan karya untuk membangun kepribadian dan karakter yang berdampak pada diri sendiri dan orang lain

UNIT V

Seni Dekoratif: Menggambar Taplak Meja dan Teralis

1. Siswa mengenal ragam hias dekoratif budaya Nusantara

2. Siswa mengetahui jenis-jenis ragam dekoratif Nusantara

3. Siswa dapat membuat ragam hias dekoratif secara

sederhana

4. Siswa dapat lebih mencintai tradisi lokal khas Indonesia

• Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

• Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

• Akhlak Kepada Alam: Memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan alam sekitar

• Bernalar Kritis

• Memperoleh dan Memproses Informasi dan Gagasan: Menunjukkan rasa ingin tahu dan dapat bertanya untuk membantu pemahaman dalam seni.

• Mandiri

• Pemahaman Diri dan Situasi: Berkarya dengan antusias, fokus dan dengan bekerja keras, mencoba bereksperimen, tetap positif, meskipun kadang saya mengalami kesulitan saat berkarya.

• Regulasi Diri: Dapat bersabar, karena saya memahami bahwa karya seni yang berkualitas memerlukan waktu untuk menyelesaikannya, dapat menyelesaikan tugas-tugas dalam waktu yang telah disepakati.

2 x 35 menit

Mengalami

 

 

 

 

 

 

 

 

Merefleksikan

 

 

Berdampak

 

A.1 Mengalami, merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya dan era

A.2 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa

 

R.1 Menghargai pengalaman dan pembelajaran artistik

 

D.1 Memilih, menganalisa, menghasilkan karya untuk membangun kepribadian dan karakter yang berdampak pada diri sendiri dan orang lain

UNIT VI

Membuat Stempel dari Kentang dan Ketela

1. Siswa mengenal dan memahami seni cetak; pengertian,

jenis-jenis dan bahan

2. Siswa bereksperimen seni cetak secara sederhana dari

kentang dan ketela

3. Siswa mendapat wawasan tentang hubungan seni cetak

dengan persebaran ilmu pengetahuan melalui penerbitan

4. Siswa dapat memupuk rasa cinta pada seni dan sains

Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

• Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

• Akhlak Kepada Alam: Memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan alam sekitar.

• Bernalar Kritis

• Memperoleh dan Memproses Informasi dan Gagasan: Menunjukkan rasa ingin tahu dan dapat bertanya untuk membantu pemahaman dalam seni.

• Mandiri

• Pemahaman diri dan situasi : Mencoba bereksperimen dengan bahan yang berbeda, tetap positif, meskipun kadang saya mengalami kesulitan saat berkarya.

2 x 35 menit

 

Mengalami

 

 

 

 

 

 

 

 

Merefleksikan

 

 

Berdampak

 

A.1 Mengalami, merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya dan era

A.2 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa

 

R.1 Menghargai pengalaman dan pembelajaran artistik

 

D.1 Memilih, menganalisa, menghasilkan karya untuk membangun kepribadian

dan karakter yang berdampak pada diri sendiri dan orang lain

UNIT VII

Komik Sederhana Tentang Sahabat dan Keluarga

1. Siswa diajak memahami masalah sampah dan lingkungan

2. Siswa dilatih peduli dengan masalah lingkungan dalam

bentuk respon yang kreatif

3. Siswa berlatih dilatih membuat desain (merancang) produk

dari sampah plasti berdasarkan prinsip desain yang baik

(baca di bagian bawah)

• Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

• Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

• Akhlak Kepada Alam: Memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan alam sekitar.

• Bernalar Kritis

• Memperoleh dan Memproses Informasi dan Gagasan: Menunjukkan rasa ingin tahu dan dapat bertanya untuk membantu pemahaman dalam seni.

• Berkebinekaan Global

• Komunikasi dan Interaksi antar Budaya: Berkomunikasi dengan budaya yang berbeda dari dirinya dengan memperhatikan, memahami, menerima keberadaan, dan menghargai keunikan masing-masing budaya.

2 x 35 menit

Mengalami

 

 

 

 

 

 

 

 

Merefleksikan

 

 

A.1 Mengalami, merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya dan era

A.2 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa

 

R.1 Menghargai pengalaman dan pembelajaran artistik

UNIT VIII

1. Siswa diajak memahami masalah sampah dan lingkungan

2. Siswa dilatih peduli dengan masalah lingkungan dalam bentuk respon yang kreatif

3. Siswa berlatih dilatih membuat desain (merancang) produk dari sampah plasti berdasarkan prinsip desain yang baik (baca di bagian bawah)

• Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

• Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

• Akhlak Kepada Manusia: Menghargai perbedaan dan mengutamakan persamaan dan kemanusiaan

• Kreatif: Menghasilkan karya dan tindakan yang original: Dapat menghubungkan gagasan-gagasan yang ada dalam merespon dan membuat karya seni, dapat mengaplikasikan ide baru sesuai dengan konteksnya untuk mengatasi persoalan

• Mandiri

• Regulasi Diri: Percaya diri dalam mengekspresikan ide saya melalui seni, berkarya dengan antusias, fokus dan dengan bekerja keras, saya mengenali dan menggunakan minat saya sebagai sumber inspirasi karya seni saya.

2 x 35 menit

Mengalami

 

 

 

 

 

 

 

 

Merefleksikan

 

A.1 Mengalami, merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya dan era

A.3 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa

 

R.1 Menghargai pengalaman dan pembelajaran artistik

UNIT IX

1. Siswa dapat memahami desain layang-layang

2. Siswa mengerti unsur sains dalam layang-layang

3. Siswa dapat merancang layang-layang

4. Siswa dapat menggambar/melukis/menghias layang-layang

5. Siswa dapat mengoperasikan layang-layang

Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

• Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

• Akhlak kepada manusia: Menghargai perbedaan dan mengutamakan persamaan dan kemanusiaan.

• Berkebinekaan Global

• Komunikasi dan Interaksi antar Budaya: Berkomunikasi dengan budaya yang berbeda dari dirinya dengan memperhatikan, memahami, menerima keberadaan, dan menghargai keunikan masing-masing budaya.

• Mandiri

• Regulasi Diri: Percaya diri dalam mengekspresikan ide saya melalui seni, berkarya dengan antusias, fokus dan dengan bekerja keras, saya mengenali dan menggunakan minat saya sebagai sumber inspirasi karya seni saya.

2 x 35 menit

Mengalami

 

 

 

 

 

 

 

 

Merefleksikan

 

 

Berdampak

 

 

A.1 Mengalami, merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya dan era

A.2 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi seni rupa

 

R.1 Menghargai pengalaman dan pembelajaran artistik

 

D.1 Memilih, menganalisa, menghasilkan karya untuk membangun kepribadian dan karakter yang berdampak pada diri sendiri dan orang lain

UNIT X

1. Siswa dapat memahami bentuk dan fungsi dasar/sederhana wayang

2. Siswa dapat mengidentifikasi hubungan wayang dengan seni rupa dan seni dan tradisi

3. Siswa dapat membuat tokoh wayang versinya sendiri

4. Siswa dapat menjelaskan wayangnya dan memainkannya secara mandiri atau berkelompok

• Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

• Akhlak Beragama: Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

• Akhlak Kepada Alam: Memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan alam sekitar.

• Bergotong-Royong

• Kolaborasi: Bekerja sama dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan bersama, membantu teman sekelas.

• Bernalar Kritis

• Memperoleh dan Memproses Informasi dan Gagasan: Menunjukkan rasa ingin tahu dan dapat bertanya untuk membantu pemahaman dalam seni.

• Berkebinekaan Global

• Komunikasi dan Interaksi antar Budaya: Berkomunikasi dengan budaya yang berbeda dari dirinya dengan memperhatikan, memahami, menerima

keberadaan, dan menghargai keunikan masing-masing budaya

4 x 35 menit

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perangkat Kurikulum Merdeka